CONTOH SK SISWA AKTIF TK





Alamat :
                                                                                                                   
SURAT KETERANGAN
No. : 003/TK-....../A.1/VII/2019


Yang bertanda tangan dibawah ini,


Nama                                    : ..............................
Tanggal Lahir                       : Lamongan, 10 Desember 1992
Jabatan                                 : Kepala Sekolah
Nama Sekolah                   : ....................................
Alamat Madrasah                 : Jln.......................


Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama                                    : NAVISAH CITRA OLIFIA
Tempat tanggal Lahir           : ..............................
Kelas                                    : Kelompok B
Nama Orang Tua                  : Ihsan
Alamat                                 : ........................

Anak tersebut adalah benar-benar siswa TK ............................, dan masih Aktif.
Demikian keterangan ini saya buat dengan sesungguhnya dan digunakan sebagaimana mestinya.


                                                                                          ......., 17 Juli 2019

                                                                                          Kepala TK ...........                   

                                                                                                  

                                                                                         ....................................

CONTOH SK OPERATOR EMIS MADRASAH DINIYAH


Kop surat
Alamat : .................................................

SURAT KEPUTUSAN
KEPALA MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH ULA IHYAUL ULUM MANYAR
NOMOR : 11/MDT/ULA/IX/2017

TENTANG
PENGANGKATAN DAN PENETAPAN OPERATOR EMIS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH .................................
TAHUN PELAJARAN : 2017/ 2018

Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah .......................
Menimbang        :
a.       Bahwa untuk  meningkatkan efektivitas, penguatan  serta memudahkan dalam  pemutakhiran data pendidikan madrasah, maka dipandang perlu mengangkat Tenaga Administrator/ Operator Pengelola Data Pendidikan Madrasah  Diniyah Takmiliyah ................... Tahun Pelajaran 2017/2018
b.      Bahwa untuk maksud tersebut di atas, perlu ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah ....................
c.       Bahwa  yang namanya tecantum dalam  Surat Keputusan ini dipandang layak dan memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Tenaga Administrator/operator  Pengelola Data Pendidikan Madrasah Diniyah ........................ Tahun Pelajaran 2017/2018

Mengingat          :
1.      Undang-undang Nomor 20 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang telah disempurnakan dengan Undang-undang No. 20 Tahun 2003;
2.      Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3.      Peraturan Pemerintah RI Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan;
4.      Peraturan Pemerintah RI No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
5.      Keputusan Menteri Agama RI Nomor 373 Tahun 2002 tentang Sususnan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi dan Kantor Depatemen Agama Kabupaten/Kota sebagaimana telah sempurnakan dengan Peraturan Menteri Agama No. 3 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Agama, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama;
6.      Peraturan Menteri Agama RI No. 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah
7.      Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 127 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Operasional Pendataan Pendidikan Islam;
8.      SE Dirjen Pendis No. SE/DJ-I/PP.00.9/63/2013 tentang Kebijakan Pendataan Pendidikan Islam Satu Pintu Melalui Education Management Information System (EMIS)
Memperhatikan  :
Hasil Evaluasi kinerja tenaga edukasi dan administrasi di lingkungan Yayasan selama Tahun pelajaran 2017 / 2018, yang dianggap perlu mengangkat tenaga edukasi dan administrasi baru.

M E M U T U S K A N
PERTAMA        :
Mengangkat Tenaga Administrator/Operator Pengelola Data Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah ............................ Tahun Pelajaran 2017/2018 Yakni saudara:



Nama                         
Tempat Tgl, Lahir      
Alamat            Lamongan
Pendidikan
Jabatan           

:  nama
:  ...                             
:  ....
:  S-1
:  Operator EMIS MDT ULA ......




KEDUA             :
Tugas Tenaga Administrator/Operator Pengelola Data Pendidikan Madrasah adalah:
1.      Melakukan Pemutakhiran teknologi berbasis data (database) untuk meningkatkan kehandalan akses data.
2.      Memberi layanan interkoneksi antara sistem database EMIS dengan sistem aplikasi eksternal lain yang dikembangkan mandiri oleh pihak madrasah atau pihak Kementerian Agama Kabupaten Lamongan
3.      Memberi informasi tentang data pendidikan baik untuk kepentingan internal Kementerian Agama atau pihak-pihak yang membutuhkan data pendidikan madrasah.

KETIGA           :  
Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.



Ditetapkan di : ....
Pada tanggal   : 11 November 2018


Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula .......



.....................................




KETERAMPILAN GURU DAN SISWA ABAD 21


KETERAMPILAN  GURU  DAN SISWA ABAD 21
a.      Keterampilan Guru Abad 21
Menjadi keharusan bagi seorang guru untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi, serta pengelolaan pembelajaran yang berpusat pada siswa pada abad 21. Pembelajaran abad 21 dituntut untuk berpusat pada siswa (student centred) karena sumber belajar melimpah bukan hanya bersumber guru, sehingga peran guru menjadi fasilitator, mediator, motivator sekaligus leader dalam proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa aspek keterampilan guru abad 21:
No
Aspek
Indikator
1
Standar kemampuan abad 21
1.      Memfasilitasi dan menginspirasi siswa belajar secara kreatif
2.      Mendesain dan mengembangkan media digital untuk pengalaman belajar dan mengevaluasi
3.      Memanfaatkan media digital dalam bekerja dan belajar
4.      Memiliki jiwa nasionalisme dan rasa tanggungjawab tinggi di era digital
5.      Mampu menumbuhkan profesionalisme dan kepemimpinan
2
Pengelolaan Pembelajaran
1.      Penguatan tugas utama sebagai perancang pembelajaran
2.      Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking),
3.      Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, serta
4.      Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
3
Memahami isu-isu lokal dan global dan tanggap terhadap perubahan budaya digital yang berkembang
Menyerap informasi sangat cepat baik local maupun global dan dapat mempertanggung jawabkannya ketika akan dijadikan sebagai bahan kajian dalam pembelajaran
4
Penilaian atau evaluasi
1.      Guru menggunakan pengetahuan dan sumber daya mereka untuk merancang kegiatan pembelajaran bersama dan proyek untuk dan dengan siswa, misalnya dengan model e-learning
2.      Guru membuat pendekatan yang lebih berpusat pada peserta didik dengan memberi siswa lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri:
§  siswa memilih proyek mereka sendiri
§  siswa memutuskan apa tujuan mereka
§  Mengomunikasikan dan membuat kesepakatan bagaimana penilaian akan dilakukan
§  siswa bekerja sama dalam kelompok kecil, dan memutuskan di antara mereka peran masing-masing anggota

b.      Keterampilan siswa abad 21
Siswa pada abad 21 sangat berbeda dengan abad sebelumnya, dimana perkembangan teknologi sangat cepat, akibatnya informasi dapat dieroleh dengan begitu cepat dan luas. Oleh sebab itu pada abad  21 dalam pendidikan siswa harus mempunyai beberapa keterampilan yang disebut 4 C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).
No
Keterampilan
Indikator
1
Communication (komunikasi)
1.      Pengucapan yang jelas tidak ada makna ganda dan utuh. 
2.      Berbicara dengan tegas, tidak berbelit-belit
3.      Memahami betul siapa yang diajak bicara, hadapkan wajah dan badan, pahami pikiran lawan bicara.
4.      Menyampaikan informasi dengan bahasa penerima informasi.
5.      Menyampaikan dengan kemampuan dan kadar akal penerima informasi
6.      Memebrikan contoh nyata
7.      Menyampaikan informasi dengah lembut, agar berkesan, membuat sadar dan menimbulkan kecemasan yang mengcerahkan
8.      Mengendalikan noise dan umpan balik untuk meyakinkan informasi sudah diterima.
2
Collaborative (kolaborasi)
1.      Saling bersinergi, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara produktif dengan yang lain;
2.      Menempatkan empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda.
3.      Mampu menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan masyarakat
4.      Menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain
5.      Memaklumi kerancuan.
3
Critical thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah)
1.      Mampu  menalar, memahami dan membuat pilihan yang rumit
2.      Memahami interkoneksi antara sistem, menyusun, mengungkapkan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah.
4
Creativity and Innovation (Kreativitas dan inovasi)
1.      Mampu  gagasan baru.
2.      Menghasilkan penemuan-penemuan baru (dan biasanya bernilai secara ekonomis) .