KETERAMPILAN GURU DAN SISWA ABAD 21


KETERAMPILAN  GURU  DAN SISWA ABAD 21
a.      Keterampilan Guru Abad 21
Menjadi keharusan bagi seorang guru untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi, serta pengelolaan pembelajaran yang berpusat pada siswa pada abad 21. Pembelajaran abad 21 dituntut untuk berpusat pada siswa (student centred) karena sumber belajar melimpah bukan hanya bersumber guru, sehingga peran guru menjadi fasilitator, mediator, motivator sekaligus leader dalam proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa aspek keterampilan guru abad 21:
No
Aspek
Indikator
1
Standar kemampuan abad 21
1.      Memfasilitasi dan menginspirasi siswa belajar secara kreatif
2.      Mendesain dan mengembangkan media digital untuk pengalaman belajar dan mengevaluasi
3.      Memanfaatkan media digital dalam bekerja dan belajar
4.      Memiliki jiwa nasionalisme dan rasa tanggungjawab tinggi di era digital
5.      Mampu menumbuhkan profesionalisme dan kepemimpinan
2
Pengelolaan Pembelajaran
1.      Penguatan tugas utama sebagai perancang pembelajaran
2.      Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking),
3.      Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, serta
4.      Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
3
Memahami isu-isu lokal dan global dan tanggap terhadap perubahan budaya digital yang berkembang
Menyerap informasi sangat cepat baik local maupun global dan dapat mempertanggung jawabkannya ketika akan dijadikan sebagai bahan kajian dalam pembelajaran
4
Penilaian atau evaluasi
1.      Guru menggunakan pengetahuan dan sumber daya mereka untuk merancang kegiatan pembelajaran bersama dan proyek untuk dan dengan siswa, misalnya dengan model e-learning
2.      Guru membuat pendekatan yang lebih berpusat pada peserta didik dengan memberi siswa lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri:
§  siswa memilih proyek mereka sendiri
§  siswa memutuskan apa tujuan mereka
§  Mengomunikasikan dan membuat kesepakatan bagaimana penilaian akan dilakukan
§  siswa bekerja sama dalam kelompok kecil, dan memutuskan di antara mereka peran masing-masing anggota

b.      Keterampilan siswa abad 21
Siswa pada abad 21 sangat berbeda dengan abad sebelumnya, dimana perkembangan teknologi sangat cepat, akibatnya informasi dapat dieroleh dengan begitu cepat dan luas. Oleh sebab itu pada abad  21 dalam pendidikan siswa harus mempunyai beberapa keterampilan yang disebut 4 C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).
No
Keterampilan
Indikator
1
Communication (komunikasi)
1.      Pengucapan yang jelas tidak ada makna ganda dan utuh. 
2.      Berbicara dengan tegas, tidak berbelit-belit
3.      Memahami betul siapa yang diajak bicara, hadapkan wajah dan badan, pahami pikiran lawan bicara.
4.      Menyampaikan informasi dengan bahasa penerima informasi.
5.      Menyampaikan dengan kemampuan dan kadar akal penerima informasi
6.      Memebrikan contoh nyata
7.      Menyampaikan informasi dengah lembut, agar berkesan, membuat sadar dan menimbulkan kecemasan yang mengcerahkan
8.      Mengendalikan noise dan umpan balik untuk meyakinkan informasi sudah diterima.
2
Collaborative (kolaborasi)
1.      Saling bersinergi, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara produktif dengan yang lain;
2.      Menempatkan empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda.
3.      Mampu menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan masyarakat
4.      Menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain
5.      Memaklumi kerancuan.
3
Critical thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah)
1.      Mampu  menalar, memahami dan membuat pilihan yang rumit
2.      Memahami interkoneksi antara sistem, menyusun, mengungkapkan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah.
4
Creativity and Innovation (Kreativitas dan inovasi)
1.      Mampu  gagasan baru.
2.      Menghasilkan penemuan-penemuan baru (dan biasanya bernilai secara ekonomis) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar