7 UPAYA MENJAGA KESUCIAN DIRI DI HARI FITRI


الحمد لله الذى عاد علينا نعمه فى كل نفس ولمحات وأسبغ علينا ظاهرة وباطنة فى الجلوات والخلوات. وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له الذى امتن علينا لنشكره بأنواع الذكر والطاعات. وأشهد أن محمدا عبده ورسوله سيد الأنبياء والمرسلين وسائر البريات. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى أله وأصحابه أهل الفضل والكمالات. اما بعد فيا أيها الناس اتقوا الله حق تقاته ولاتموتن الا وأنتم مسلمون   
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Marilah di bulan syawal ini kita tingkatkan ketaqwaan kita dengan menjaga kesucian jiwa sebagai seorang hamba yang baru dilahirkan di hari yang suci idul fitrri. Tentunya setelah sebulan penuh kita menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Marilah kertas yang masih putih bersih ini kita jaga dari coretan dan noda. Sebisa mungkin kita jauhkan diri kita dari perbuatan yang dianggap tabu oleh syariat agama. Semoga Allah swt mempermudah usaha kita dalam menjaga diri dan keluarga kita dari api neraka. Amien.
Jama’ah yang berbahagia
Tak terasa telah berlalu bulan Ramadhan yang paling mulia. Bahkan hiruk pikuk lebaran tinggal sisa-sisa saja. Baju baru telah dipakai berkali-kali, hingga hilang sifat ke-baruannya. Kue lebaran tertinggal tipis di dalam tempatnya. Halal bi halal dan saling memaafkan telah dilaksanakan, mengurangi dosa haqqul adami di dunia. Alhamdulillah atas nikamtnya, kita masih menjumpai lebaran tahun ini. Semoga juga dapat bersua dengan lebaran tahun depan.
Lantas apakah ini berarti misi telah usai dan tugas telah beres? Dan kita menunggu Ramadhan tahun depan lagi? tidak. Misi belum tuntas. Berhamba kepada Allah swt tidak mengenal batas waktu dan usia. Banyak pekerjaan yang harus kita lakukan setelah Ramadhan sebagaimana banyaknya bujukan syaitan kepada manusia. Jika Ramadhan telah berhasil membuat diri kita kembali fitri dan suci, maka pekerjaan utama di bulan syawal ini adalah menjaga kesucian diri dengan menghindari berbagai larangan syariat dan menjalankan perintah agama.
Jika puasa telah menjadikan kita sebagai orang yang bertaqwa, orang yang senantiasa menghindari larangan-larangan-Nya, maka setelah bulan puasa ini kita harus meningkatkan diri dengan cara menjaga ketaqwaan itu dan menambahkan rasa takut (kahuf) kita kepada Allah swt. Sebagaimana diperintahkan oleh Allah dalam Ali Imran

فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
Karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu, jika kamu benar-benar orang yang beriman.
Ayat di atas menerangkan bawasannya takut kepada Allah merupakan syarat utama menjadi seorang mukmin sejati, tidak ada tawaran didalamnya. Seorang mukmin sejati, yaitu orang yang takut kepada Allah swt di dunia maka ia akan mendapatkan jamianan keamanan oleh Allah di hari akhirat. Begitu pula sebaliknya orang yang merasa aman (tidak takut kepada Allah) di dunia maka allah akan menakutinya di akhirat nanti. Begitu bunyi sebuah hadits qudsi.
وعزتي لا أجمع على عبدي خوفين ولا أجمع له أمنين ، إذا أمنني في الدنيا أخفته يوم القيامة ، وإذا خافني في الدنيا أمنته يوم القيامة
Jama’ah Jum’ah Rahimakumullah
Dengan demikian jelas sudah bahwa tugas kita selanjutnya adalah menjaga ketaqwaan yang telah kita pelajari selama Ramadhan dan meningkatkannya menjadi rasa takut (khauf) kepada Allah swt. lalu bagaimanakah langkah menuju khauf itu, apa tehnik praktisnya?
Abu Laits berkata bahwa untuk melatih diri menjalani perasaan khauf kepada Allah ada tujuh hal yang harus ditekuni. Pertama adalah lisan. Artinya lisan harus senantiasa takut kepada Allah swt dengan menjaganya agar tidak terperososk ke dalam kebohongan, pergunjingan, dan banyak bicara. Sibukkanlah lisan kita dengan berdzikir kepada Allah swt. Kedua adalah hati. Artinya hati haruslah takut kepada Allah dengan cara membersihkan berbagai penyakitnya seperti permusushan, kejahatan dan hasud. Karena seseungguhnya hasud (dengki) adalah penyakit paling berbahaya dalam hati. hasud dapat menghilangkan pahala kita sebagaimana api menghabiskan kayu bakar. Ketiga adalah mata. Artinya Mata harus merasa takut kepada Allah swt dengan cara menghindarkannya dari melihat berbagai makanan dan minuman yang diharamkan. Serta menghindarkannya dari kesenangan melihat kemewahan dunia, kalaupun melihat dunia, itu dilakukan dengan penuh tafakkur. Keempat adalah perut. Perut harus merasa takut kepada Allah dengan cara menghindari berbagai makanan yang haram walaupun hanya satu suapan. Karena ketika perut mengandung sesuap makanan haram, maka semua malaikat di langit dan bumi akan melaknatnya, dan ketika mati maka neraka jahannamlah tempatnya.
إذَا وَقَعَتِ اللُقْمَةُ مِن حَرامٍ في جَوفِ العَبْدِ لَعَنَهُ كُلُّ مَلَكٍ في السَّماوَاتِ وَالأرْضِ، وَما دَامَتِ اللُّقْمَةُ في جَوفِهِ لا يَنْظُرُ اللهُ إليَهِ، وَمَنْ أَكَلَ لقْمَةً مِن الحَرامِ فقَدْ باءَ بِغَضَبٍ منَ اللهِ فإنْ تابَ تابَ اللهُ عَلَيهِ وإنْ ماتَ فالنّار أوْلى بهِ.
Yang Kelima adalah tangan. Tangan harus merasa takut kepada Allah, jangan pergunakan tangan untuk bermaksiat kepada-Nya tapi manfaatkanlah tangan itu untuk taat kepada-Nya.
Keenam adalah telapak kaki. Gunakanlah telapak kaki ini untuk berjalan menuju kepada ridho-Nya dan jangan sekali-kali digunakan menuju kedurhakaan. Dan terakhir adalah taha’t kepada Allah dengan hati yang tulus ikhlas.
Dengan demikian Abu Laits telah memberikan satu petunjuk praktis mempelajari khauf. Semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan oleh Allah dalam pendakian menuju puncaknya. Ya Allah kami hambamu ini bukanlah orang yang dapat dengan mudah merasa takut kepada mu, tapi apa susahnya bagi-Mu mempermudah perasaan itu hadir dalam diri kami…amien
باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ والذِّكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ.
Khutbah II
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ


Download lalaran Nadzom Imriti Mp3

Santri mana yang tidak kenal dengan nadhom imrithi?, ya Kitab Imrithi adalah kitab legendaris karangan Syekh Syarofuddin Yahya Al-Imrithi, kitab ini sangat ringkas & terdiri dari 254 nadhom, didalamnya menerangkan tentang ilmu nahwu yg sangat penting untuk setiap pelajar yang mendalami bahasa arab. Di kalangan pesantren nadhom tersebut sangat dianjurkan untuk dihafalkan sebagai bekal dalam membaca & memahami kitab-kitab lain yg berbahasa arab, terlebih untuk mendalami isi kandungan makna Al-Qur'an & Al-Hadits, yg mana kalam arab tidak bisa difaham kecuali dengan lantaran ilmu tata bahasa, yakni Ilmu Nahwu & Shorof. 
Pada kesempatan kali ini, kami ingin share terjemah dan mp3 lalaran nadhom imrithi, langsung saja menuju link download dibawah ini

Terjemah         DOWNLOAD 1
                        DOWNLOAD 2

Mp3                 01. al iftitah - al i'rob
                        02. alamatil i'rob -alamatil khafdzi
                        04. Al Af'al - Na'ibilFail
                        05. mubtada' wal khabar- babun na'ti
                        06. babuf athaf - babulbadal
                        07. manshubatil asma' -babut tamyiz
                        08. al istina' - amala inna
                        09. nida' – idhofah

Jangan lupa share ke teman-teman yang lain ya.. terimakasih

Mengusap Wajah Setelah Sholat Bid’ah atau Sunnah???


Muslim Jawa sangatlah beragam. Karena keberagaman tersebut banyaklah adat-adat yang membingungkan. Seperti ada sebagian mereka yang ketika membaca salam dalam sholat mereka bukan sekedar menoleh ke kanan dan ke kiri. Tapi mereka juga membuka telapak tangan kanan kemudian membaca أسألك فوزا بالجنة  pada salam yang pertama dan mebuka telapak tangan kiri dan membaca أسألك نجاة من النار pada salam yang kedua, dan setelah mereka salam ada yang langsung mengusapkan telapak tangan ke wajah (tidak membaca doa dulu).
PERTANYAAN :
a.    Adakah anjuran khusus untuk mengusapkan telapak tangan ke wajah setelah sholat?
JAWABAN :
Tidak ada anjuran khusus mengusapkan kedua telapak tangan ke wajah, yang ada adalah anjuran mengusap ke wajah dengan telapak tangan kanan.
 (قرة العين بفتاوى اسماعيل ص21)
سؤال:ما قولكم فى مسح الوجه والرأس بعد تسليمتي الصلاة فهل له اصل فى السنة او لا ؟
الجواب ... والله الموفق للصواب ان ذلك له اصل فى السنة بل هو سنة وقد ذكر الامام النووى فى كتابه الاذكار فى باب الاذكار بعد الصلاة قال رحمه الله تعالى وروينا فى كتاب ابن السنى عن انس رضى الله عنه قال كان رسول الله صلى الله  عليه وسلم اذا قضى صلاته مسح جبهته بيده اليمنى ثم قال اشهد ان لا اله الا الله الرحمن الرحيم اللهم اذهب عنى الهم والحزن.
بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي – ص:49)
[فائدة]: روى ابن منصور: أنه كان إذا قضى صلاته مسح جبهته بكفه اليمنى ثم أمرَّها على وجهه حتى يأتي بها على لحيته الشريفة وقال: "بسم الله الذي لا إله إلا هو عالم الغيب والشهادة الرحمن الرحيم، اللهم أذهب عني الهم والحزن والغم، اللهم بحمدك انصرفت، وبذنبي اعترفت، أعوذ بك من شرِّ ما اقترفت، وأعوذ بك من جهد بلاء الدنيا وعذاب الآخرة".


ADVERB



ADVERB


1. )  PENDAHULUAN
 Dalam mempelajari Bahasa Inggris, ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu, salah satunya adalah bagian-bagian perkataan yang diucapkan atau  dalam Bahasa Inggris disebut Parts of Speech. Dalam tata bahasa (grammar) Bahasa Inggris, Parts of Speech diklasifikasikan dalam delapan jenis kata yang digolongkan sesuai dengan apa yang ditunjukkannya yakni noun (kata benda), pronoun (kata ganti), adjective (kata sifat), verb (kata benda), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan/preposisi), conjunction (kata sambung/penghubung) dan interjection (kata seru). Namun dalam makalah ini hanya akan dibahas tentang “adverb” sesuai dengan lingkup yang telah ditentukan.
  
2. )  PEMBAHASAN
 Adverb atau kata keterangan adalah kata yang memberikan penjelasan mengenai tempat, waktu dan cara suatu kegiatan atau peristiwa itu terjadi. Contoh : here, now, softly, loudly, tomorrow, again, twice, never, dll.
Adverb juga didefinisikan sebagai kata yang menjelaskan kata kerja (verb), kata sifat (adjective), kata depan (preposition) dan kata lainnya kecuali kata benda (noun) dan kata ganti (pronoun).
Contoh :
a.       I am working now.
(kata now dalam kalimat tersebut adalah keterangan waktu yang menerangkan kata kerja working).
b.       Hendi speaks loudly.
(kata loudly dalam kalimat tersebut menerangkan bagaimana cara Hendi berbicara).
c.        Wenny never comes before dinner.
(kata never dalam kalimat tersebut merupakan keterangan petunjuk frequensi/keseringan).

Macam Adverb (Types of Adverb).
1.       Adverb of Time.
Merupakan kata keterangan yang menyatakan waktu terjadinya suatu pekerjaan, tindakan atau peristiwa tersebut. Contoh : afterwards (kemudian, sesuadah itu, lalu), already (sudah), before (lebih dahulu, sebelum), frequently (seringkali), now (sekarang), today (hari ini), soon (segera), immediately (segera), lately (akhir-akhir ini), yesterday (kemarin), dsb.
Contoh aplikasi dalam kalimat :
I’am stydying english now. (Saya sedang belajar bahasa Inggris sekarang).
Untuk membantu menunjukkan Adverb of Time, kita bisa mengajukan pertanyaan dengan kata “when” (kapan).

2.       Adverb of Place.
Merupakan kata keterangan yang menunjukkan tempat terjadinya suatu perbuatan, tindakan atau peristiwa tersebut. Contoh : above (di atas), back (di belakang), below (di bawah), around (sekeliling), here (di sini), somewhere (di suatu tempat), everywhere (dimana-mana), there (di sana), dsb.
Contoh aplikasi dalam kalimat :
She studies English here. (Ia belajar bahasa Inggris di sini).
Untuk membantu menunjukkan Adverb of Place, kita bisa mengajukan pertanyaan dengan kata “where” (di mana).

3.       Adverb of Manner.
Merupakan kata keterangan yang mengungkapkan bagaimana caranya suatu pekerjaan itu dilakukan atau suatu peristiwa itu terjadi. Contoh : carefully (dengan hati-hati), fluently (dengan lancar), hard (dengan keras), fast (dengan cepat), slowly (dengan lambat, secara perlahan-lahan), suddenly (tiba-tiba), together (bersama-sama), dsb.
Contoh aplikasi dalam kalimat :
They worked hard. (Mereka bekerja dengan keras).
Untuk membantu menunjukkan Adverb of Manner, kita bisa mengajukan pertanyaan dengan kata “how” (bagaimana).
  
4.        Adverb of Degree.
Merupakan kata keterangan yang mengungkapkan sampai seberapa jauh (tingkat atau derajad) suatu keadaan atau peristiwa itu. Lazimnya menerangkan/memodifikasi adjective/kata sifat atau adverb itu sendiri. Contoh : almost (hampir), enough (cukup), fairly (agak/digunakan untuk pernyataan positif), rather (agak/digunakan untuk pernyataan negatif), nearly (hampir), very (sangat), too (terlalu), only (hanya), quite (sungguh), dsb.
Contoh aplikasi dalam kalimat :
1)   She is very pretty girl. (Ia seorang gadis yang sangat manis).
Adverb very menerangkan Adjective pretty.
2)   I quite understand. (Saya sangat mengerti).

5.       Adverb of Frequency.
Merupakan kata keterangan yang menyatakan jumlah atau berapa banyaknya suatu pekerjaan, tindakan atau peristiwa itu dilakukan.
A.      Adverb of quantity.
      Biasanya untuk menentukan adverb of quantity kita mengajukan pertanyaan dengan kata “how often”.
Contoh : always (selalu), usually (biasanya), never (tidak pernah), ever (pernah), sometimes (kadang-kadang), seldom (jarang), generally (umumnya), dsb.
Contoh aplikasi dalam kalimat :
Andi always drinks milk every night. (Andi selalu minum susu setiap malam).

B.      adverb of number.
Biasanya untuk menentukan adverb of number kita mengajukan pertanyaan dengan kata “how many times” (berapa kali).
Contoh : once (sekali), twice (dua kali), thrice (tiga kali), half (setengah), twofold (dua kali lipat), dsb.
Contoh aplikasi dalam kalimat :
He eats twice every day. (Ia makan dua kali tiap hari).

6.       Adverb of Affirmation.
Merupakan kata keterangan yang menyatakan penegasan, penekanan atau mengiyakan jawaban. Contoh : certainly (tentulah), naturally (tentu saja), surely (pastilah), of course (tentulah), absolutely (secara mutlak), dsb.
Contoh aplikasi dalam kalimat :
Of course she can speak English. (Tentu ia dapat bicara bahasa Inggris).
Istilah lain untuk adverb of affirmation ialah adverb of certainty.

7.       Interrogative Adverb.
Merupakan kata keterangan yang turut membentuk pertanyaan. Masing-masing adverb jenis ini berhubungan dengan adverb lainnya.
Contoh :
1)   How did he go?
How merupakan interrogative adverb of manner.
2)    Where did he go?
Where merupakan interrogative adverb of place.

8.       Relative Adverb.
Merupakan kata keterangan yang berfungsi sebagai penghubung dua klausa dalam sebuah kalimat. Kata-katanya sama dengan interrogative adverb, perbedaanya hanya pada letak posisinya, yakni relative adverb biasanya ditempatkan di tengah kalimat (diantara dua klausa), sedangkan interrogative adverb di awal kalimat.
Contoh :
1)   I asked him how he went.
How adalah relative adverb of manner.
2)    I asked him where he went.
Where adalah relative adverb of place.
3. )  KESIMPULAN
Adverb sebagai salah satu bagian perkataan yang diucapkan (Parts of Speech) dalam tata Bahasa  Inggris (grammar) adalah merupakan salah satu dari banyak hal yang harus diketahui dalam mempelajari Bahasa Inggris. Adverb merupakan kata yang menjelaskan kata kerja, kata sifat dan kata lainnya kecuali kata benda (noun) dan kata ganti (pronoun). Ada bermacam-macam bentuk adverb yang dikategorikan berdasarkan fungsi atau penggunaannya. Dengan mengetahui adverb, baik bentuk, arti serta aplikasinya diharapkan dapat menjadi salah satu modal dalam mempelajari Bahasa Inggris secara baik dan benar.

Terjemah Kitab Safinatun Naja


Kitab Safinatun Najah adalah salah satu kitab fikih madzhab Syafi'i yang banyak digunakan, terutama oleh kalangan santri, kitab ini menjelaskan hukum-hukum fikih secara sederhana dan ringkas. berikut kami sajikan terjemah kitab safinatun najah secara gratis!! monggo didownload
KLIK DOWNLOAD