Mengusap Wajah Setelah Sholat Bid’ah atau Sunnah???


Muslim Jawa sangatlah beragam. Karena keberagaman tersebut banyaklah adat-adat yang membingungkan. Seperti ada sebagian mereka yang ketika membaca salam dalam sholat mereka bukan sekedar menoleh ke kanan dan ke kiri. Tapi mereka juga membuka telapak tangan kanan kemudian membaca أسألك فوزا بالجنة  pada salam yang pertama dan mebuka telapak tangan kiri dan membaca أسألك نجاة من النار pada salam yang kedua, dan setelah mereka salam ada yang langsung mengusapkan telapak tangan ke wajah (tidak membaca doa dulu).
PERTANYAAN :
a.    Adakah anjuran khusus untuk mengusapkan telapak tangan ke wajah setelah sholat?
JAWABAN :
Tidak ada anjuran khusus mengusapkan kedua telapak tangan ke wajah, yang ada adalah anjuran mengusap ke wajah dengan telapak tangan kanan.
 (قرة العين بفتاوى اسماعيل ص21)
سؤال:ما قولكم فى مسح الوجه والرأس بعد تسليمتي الصلاة فهل له اصل فى السنة او لا ؟
الجواب ... والله الموفق للصواب ان ذلك له اصل فى السنة بل هو سنة وقد ذكر الامام النووى فى كتابه الاذكار فى باب الاذكار بعد الصلاة قال رحمه الله تعالى وروينا فى كتاب ابن السنى عن انس رضى الله عنه قال كان رسول الله صلى الله  عليه وسلم اذا قضى صلاته مسح جبهته بيده اليمنى ثم قال اشهد ان لا اله الا الله الرحمن الرحيم اللهم اذهب عنى الهم والحزن.
بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي – ص:49)
[فائدة]: روى ابن منصور: أنه كان إذا قضى صلاته مسح جبهته بكفه اليمنى ثم أمرَّها على وجهه حتى يأتي بها على لحيته الشريفة وقال: "بسم الله الذي لا إله إلا هو عالم الغيب والشهادة الرحمن الرحيم، اللهم أذهب عني الهم والحزن والغم، اللهم بحمدك انصرفت، وبذنبي اعترفت، أعوذ بك من شرِّ ما اقترفت، وأعوذ بك من جهد بلاء الدنيا وعذاب الآخرة".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar