10 HADITS TENTANG KEUTAMAAN ILMU DAN ULAMA

 10 HADITS TENTANG KEUTAMAAN ILMU DAN ULAMA

(seri Terjemah Kitab Lubabul Hadits)

  • Nabi  Muhammad  SAW  berkata kepada  Ibnu  Mas`ud r.a "Ya  Ibnu  Mas`ud, dudukmu (walaupun sebentar) di majlis ilmu, walaupun tanpa memegang pena dan menulis satu huruf pun adalah lebih bagus dari pada memerdekakan 1000 raqabah (budak), pandanganmu terhadap orang alim lebih bagus daripada 1000 kuda yang kamu sedekahkan di jalan Allah (sabilillah), salam-mu kepada orang alim lebih bagus daripada ibadah 1000 tahun".

  • Nabi Muhammad SAW bersabda: satu orang faqih (tahu hukum syariah) yang ahli wira`i (menjauhkan diri dari perbuatan yg dilarang syariah), bagi syetan itu lebih berat daripada 1000 ahli ibadah yang bodoh, yang tekun, yang bodoh dan wira`i.
  • Nabi  Muhammad  SAW  bersabda: "Keutamaan  orang  `alim  (yang  mengamalkan ilmunya) atas `abid (ahli ibadah) adalah bagaikan rembulan (bulan purnama) yang mengalahkan semua bintang-bintang".
  • Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa berpindah tempat untuk menuntut ilmu (syariat) maka dosanya diampuni sebelum dia melangkah.

  • Nabi Muhammad SAW bersabda: "Muliakanlah para ulama karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang mulia yang dimulyakan di sisi Allah SWT"
  • Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa setelah melihat wajah orang alim merasa bahagia, walaupun hanya sekali lihat saja, maka Allah SWT meciptakan dari pendangan tersebut seorang malaikat yang akan memintakan ampunan bagi orang tersebut hingga hari kiamat".

  • Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa memuliakan orang alim maka dia benar-benar telah memuliakanku dan barang siapa memuliakaknku maka dia benar- benar telah memuliakan Allah dan barang siapa memuliakan Allah maka tempat kembalinya adalah surga".
  • Nabi  Muhammad  SAW  bersabda:  "Tidurnya  orang  alim  lebih  utama  daripada ibadanya orang bodoh".

  • Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa mempelajari satu bab ilmu (saja), baik diamalkan maupun tidak, maka itu saja sudah lebih baik daripada shalat sunah 1000 raka`at ".

  • Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa berkunjung (atau berziarah) kepada orang alim maka dia seperti mengunjungiku, barang siapa bersalaman (berjabat tangan) dengan orang alim maka dia seperti menyalamiku, barang siapa duduk bersama orang alim maka dia seperti duduk bersamaku di dunia, barang siapa duduk bersamaku di dunia maka aku akan mendudukannya bersamaku di hari kiamat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar