PERBEDAAN MUSHONNIF DAN MU'ALLIF KITAB

Bagi sebagian santri mungkin masih bingung apa perbedaan Mushonnif kitab dan Mu'allif kitab. Berikut kami rangkumkan dari keterangan KH. Mudzakkir Ma'ruf saat pengajian Kitab Nashihul ibad:
Mushonnif adalah orang yang mengarang kitab tanpa mengambil keterangan dari kitab-kitab lainnya, jadi kitab karangannya adalah murni dari pemikirannya sendiri atau bersumber murni dari ulama tersebut. atau menurut keterangannya kiyai : Allah memberikan ilmu itu langsung kedalam hati ulama tersebut dan dituangkannya ilmu tersebut dalam sebuah karya tulis tanpa berfikir. 
Sedangkan Muallif adalah orang yang mengarang kitab yang diambil dari beberapa sumber kitab. jadi sang pengarang mengambil beberapa keterangan dari beberapa kitab rujukan dan kemudian digabungkan menjadi sebuah kitab. 

kami juga tambahkan beberapa keterangan yang saya dapat dari facebook tentang perbedaan Mushonnif dan Muallif Kitab sebagai berikut:
- Kitab Mu'jamul Furuq (1/113)

الفرق بين التأليف والتصنيف: أن التأليف أعم من التصنيف وذلك أنالتصنيف تأليف صنف من العلم ولا يقال للكتاب إذا تضمن نقض شئ من الكلام مصنف لانه جمع الشئ وضده والقول ونقيضه، والتأليف يجمع ذلك كله وذلك أن تأليف الكتاب هو جمع لفظ إلى لفظ ومعنى إلى معنى فيه حتى يكون كالجملة الكافية فيما يحتاج إليه سواء كان متفقا أو مختلفا والتصنيف مأخوذ من الصنف ولا يدخل في الصنف غيره. 

Perbedaan antara ta'lif dan tashnif
Ta'lif lebih umum daripada tashnif ,hal itu karena sesungguhnya tashnif adalah menyusun golongan/pembagian menurut jenisnya dari ilmu.
Dan tidak dikatakan bagi kitab ketika memuat kebalikan sesuatu dari perkataan disebut mushonnaf. karena kitab mengumpulkan sesuatu dan lawannya, serta qoul dan kebalikannya.
Dan ta'lif itu mengumpulkan kesemuanya itu hal itu karena penyusunan kitab mengumpulkan lafadh kepada lafadh yang lain dan makna kepada makna yang lain dalam kitab sehingga seperti jumlah yang mencukupi dalam hal yang dibutuhkan baik sesuai atau berbeda.
Sedang tashnif diambil dari kata shinfu (macam, golongan, sifat) dan sesuatu yang lain tidaklah masuk dalam macam/golongan itu. sumber: https://www.facebook.com/notes/1203714169651389

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar