KISAH LUCU PEBISNIS YANG INGIN SEDEKAH DIAM-DIAM (ceramah Habib Ali Al Jufri)

Sedekah secara diam-diam adalah amalan yang sangat mulia, dalam Hadist disebutkan orang yang yang sedekah secara diam-diam akan mendapatkan naungan Allah pada hari dimana tidak adan naungan وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ يَمِينُهُ مَا تُنْفِقُ شِمَالُهُ (Dan seorang yg bersedekah dgn diam-diam, sehingga tangan kanannya tak mengetahui apa yg disedekahkan oleh tangan kirinya). 
Namun bersedekah tanpa ada seorang pun yang mengetahui akan sangat berat dilakukan, hal itu karena sifat dasat manusia yang suka untuk dipuji dan riaya' atau pamer.
mengenai hal tersebut  Al Habib Ali Al Jufri bercerita:

Imam Abdul Wahhab Ash Sya'roni adalah salah satu imam Al Azhar yang Masyhur, Suatu ketika datang seorang pebisnis kepada beliau dan berkata: "Syeikh, aku telah mendengarmu berceramah tentang bersedekah secara diam-diam dan pahalanya, aku memutuskan akan melakukannya. Tunjukkanlah aku orang miskin yang layak menerima sedekah, aku akan memberinya sedekah di malam hari".

Imam Abdul Wahhab
:
"saudaraku, aku tidak berfikir kamu siap untuk bersedekah tanpa seorang pun tahu".

Pebisnis                  
:
"tidak tidak, cobalah aku!"
Imam Abdul Wahhab
:
"akankah kau bersabar?"
Pebisnis                     
:
"ya, aku akan sabar"
Imam Abdul Wahhab
:
"baiklah, ada seorang fulan dan fulan, mereka adalah seorang keluarga yang baik dan membutuhkan, tetapi mereka tidak memperlihatkan kesulitannya kepada orang lain. orang lain berpikir mereka orang mampu karena mereka tidak memperlihatkan kekurangannya"

Pebisnis                    
:
"baikah, semoga Allah membalasmu"

Pada malam harinya pebisnis tersebut menempatkan tas yang berisi emas di depan rumah orang yang telah ditunjukkan oleh sang Imam. Dia mengetuk pintu dan bergegas pergi sebelum keluarga tersebut mengetahuinya bersedekah secara diam-diam.
Keesokan harinya pebisnis tersebut menghadiri majelis sang Imam, dia duduk dan diam, berjuang untuk tidak mengatakan sesuatu. 

Pebisnis                    
:
syeikh! aku memberimu kabar gembira!, dengan rahmat Allah, saat ini banyak orang yang bersedekah secara diam-diam"
Imam Abdul wahhab haya tersenyum namun tidak berkomentar.
beberapa saat kemudian pebisnis tersebut berkata

:
"apakah kau tahu syeikh?, tadi malam aku mendengar si fulan telah mendapatkan sedekah secara diam-diam"
Imam Abdul Wahhab As Sya'roni menatapnya dan tertawa. beberapa saat kemudian pebisnis itu berkata

:
"syeikh! ada seorang pebisnis yang mengahadiri majlis ini,, hendaknya mereka sepertiku, tadi malam aku bersedekah kepada orang-orang secara diam-diam".
Sang imam berkata

:
"aku berkata kepadamu, kamu belum siap untuk bersedekah tanpa seorang pun tahu"

berikut video ceramahnya

credit for https://t.me/tareem_lovers, thanks for sharing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar