TERJEMAH FIKIH WADHIH JILID 1 BAB SHOLAT

UNTUK MELIHAT TERJEMAH FIKIH WADHIH BAB LAINNYA SILAHKAN KLIK TAUTAN DIBAWAH :

 SHOLAT

    Sholat ialah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat tertentu. 

Sholat-Sholat yang Diwajibkan

    Allah SWT mewajibkan atas kita 5 sholat dalam sehari semalam, yaitu: (1) Sholat Subuh (2) Sholat Dhuhur (3) Sholat Asar (4) Sholat Maghrib (5) Sholat Isya'

    Jumlah Roka'at sholat tersebut:
Bilangan roka'at sholat yang diwajibkan tersebut adalah 17 rokaat:
  1. Sholat subuh dua roka'aat       2
  2. sholat dhuhur empat roka'at    4
  3. sholat asar empat roka'at         4
  4. sholat maghrib tiga rokaat       3
  5. sholat isya' empat rokaat         4
  • maka jumlahnya                      17 roka'at

Waktu-waktu sholat

  1. waktu shubuh dari munculnya fajar shodiq sampai terbitnya matahari (yaitu mulai pukul 4.30 sampai kira-kita pukul 6)
  2. waktu dhuhur mulai dari tergelincirnya matahari sampai bayang-bayang setiap benda menjadi sama dengan bendanya selain waktu zawal (yaitu mulai dari jam 12 dhuhur sampai kira-kira pukul 15.00)
  3. waktu asar mulai dari berakhirnya waktu dhuhur smapai tenggelamnya matahari (yaitu mulai pukul 3 sore sampai kira-kira pukul 6 sore)
  4. waktu maghrib mulai dari tenggelamnya matahari samapi hilangnya mega merah (yaitu mulai pukul 6 sore sampai kira-kita pukul 7 malam)
  5. waktu isya mulai dari hilangnya mega merah sampai munculnya fajar sodiq (yaitu mulai pukul 7 malam sampai kira-kira pukul 4.30 pagi)
    Dan barangsiapa yang ingin menyelidiki / ingin mengetahui waktu-waktu sholat yang telah ditetapkan maka hendaknya ia menggunakan almanak tahunan yang disusun oleh syekh Muhammad Jamil Jdambek Bukit Tinggi.
catatan    : barangsiapa yang menemukan satu roka'at dalam waktunya maka semua rokaa'tnya terhitung sholat ada' (tepat waktu), dan apabila tidak maka terhitung sholat qodho' (keluar waktu sholat). 

An Nawafil (sholat-sholat sunnah yang mengikuti Sholat fardhu)

    Disunnahkan untuk sholat selain sholat-sholat tersebut sebelumnya sebanyak 22 roka'at; 2 roka'at sebelum subuh, 4 rokaat sebelum sholat dhuhur, 4 rokaan setelah dhuhur, 4 rokaat sebelum asar, 2 rokaat sebelum maghrib, 2 rokaat setelah maghrib, 2 rokaat sebelum sholat isya' dan 2 rokaat setelahnya (isya'). 

Sholat Sunnah Muakkad (yang dianjurkan) dari sholat sunnah tersebut

Sholat sunnah muakkad (yang dianjurkan) dari sholat sunnah tersebut ada 10 roka'at;
  1. 2 rokaat sebelum subuh 
  2. 2 rokaat sebelum dhuhur
  3. 2 rokaat setelah dhuhur
  4. 2 rokaat setelah maghrib
  5. 2 rokaat setelah isya'

Hikmah Sholat

ِ    Allah memerintahkan kita dengan sholat karena ketika kita sholat didalamnya kita akan ingat keagungan dan kebesaran Allah SWT, dan Allah diatas segala yang agung, dan kekuasaan-Nya diatas segala kekuasaa, maka hati akan menjadi tenang dari nafsu yang mengajak keburukan dan tenang dari kesombongannya. Kemudian kita membaca al qur'an ditengah-tengah sholat karena bacaan terebut adalah cahaya petunjuk, kemudian kita rukuk dan sujud maka kita meletakkan dahi kita (yang merupakan tempat anggota tubuh yang paling tinggi bagi kita) di atas bumi. Maka pada saat itu sesunngguhnya kita adalah hamba yang rendah dan tidak mempunyai daya upaya dan kekuatan. Maka menjadi lunak apa yang masuk dalam diri kita dari kebanggaan dan kesombongan. Alla SWT berfirman: (dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar).
    Tambahkan pada hal tersebut bahwa Allah ta'ala telah memberikan nikmat kepada kita nikmat yang banyak seperti mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, lisan untuk merasakan, dua tangan untuk menggenggam dan lainnya, dua kaki untuk berjalan, dan seterusnya. 
    Oleh sebab itu wajib bagi kita untuk bersyukur dan memuji-Nya atas segala nikmat yang bermacam-macam tersebut. Maka kita menyembah lima kali setiap hari dan malam, melaksanakan sholat lima kali pada waktu yang telah ditentukan. Alla berfirman : 
"Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."

Pertanyaan

  1. apa pengertian dari sholat?
  2. berapa jumlah sholat yang diwajibkan?
  3. berapa jumlah rokaatnya?
  4. jelaskan tentang waktu-waktu sholat yang diwajibkan?
  5. apa saja sholat sunnah yang mengikuti sholat fardhu?
  6. sholat apa saja yang muakkad (dianjurkan) darinya?
  7. jelaskan tentang hikmah sholat?


 Sholat-Sholat Sunnah

Ada beberapa sholat sunnah lain yang selain sholat sunnah yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, antara lain: 

  1. Sholat Witir: dilaksanakan setelah sholat isya', paling sedikit satu roka'at dan paling banya sebelas roka'at.
  2. sholat terawih: dilaksanakan setelah sholat isya' khusus pada bulan romadhon, yaitu dua puluh roka'at dengan salam setiap dua roka'at. 
  3. sholat Dhuha: dilaksanakan setelah naiknya matahari (kira-kira satu tombak) sampai waktu istiwa', paling sedikit dua roka'at dan paling banyak delapan roka'at dengan salam setiap dua roka'at.
  4. sholat malam (tahajud): waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat tahajud adalah sepertiga kedua dari malam, paling sedikit dua roka'at dan tidak ada batas untuk roka'at paling banyak. 
  5. shoat hari dua hari raya (idul fitri dan idul adha)
  6. sholat gerhana bulan
  7. sholat gerhana matahari 
  8. sholat istisqo' (yaitu sholat minta turun hujan)
lihat juga terjemah fikih wadhih bab yang lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar