TUGAS TUTORIAL KE 2
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK
UNIVERSITAS .............
NAMA : ............
NIM :
...............
Jawaban Soal no
1:
pengembangan moral pada usia 4-6 tahun merupakan bagian dari proses pembelajaran anak mulai memahami aturan dasar dalam cara yang sederhana bersifat tidak fleksibel, tidak dapat di ubah dan di buat oleh figure otoritas. Perkembangan moral juga termasuk dalam pemahaman akan emosi dan kekuatannya. Serta kemampuan untuk mengenali emosi tersebut dapat memotivasi individu untuk melakukan sesuatu yang tidak selalu baik atau adil bagi orang lain. Dalam dunia Pendidikan, perkembangan moral anak sering kali dikaitkan dengan Pendidikan karakter.
Sedangkan
perkembangan agama usia 4-6 tahun merupakan sesuatu memahami keberadaan
tuhannya secara umum bayangan anak terdapat Tuhan berubah mulai dari yang
bersifat fisik, menjadi yang sifatnya semi fisik sampai akhir abstrak tahap
pertama tuhan diangap sangat kuat secara fisik tahap kedua tuhan memberikan keuntungan
atau kebaikan kemudian sebagai sahabat pribadi untuk tahap selajutnya tuhan
adalah pembuat aturan-aturan hukum dan terakhir sebagai semangat atau pengerak
aksi-aksi moral.
Pentinya
pengembangan moral dan agama bagi anak usia dini, dalam hal ini tentu orang tua
yang paling bertanggung jawab, karena Pendidikan yang utama dan pertama adalah
Pendidikan dalam keluarga.
Jawaban Soal no
2:
Pendidikan moral dan agama memang harus ditanamkan sejak masih usia
dini, karena sangat penting untuk kehidupan mereka dimasa yang akan datang
untuk memiliki Pendidikan moral dan agama yang kuat harus dapat membentuk
karakter anak itu sendiri mulai dari cara berkomunikasi dengan teman
bersosialisasi dengan lingkungan.
Adapun
aktivitas untuk pengembangan moral dan agama pada anak usia dini dalam
kehidupan sehari-hari di antaranya
v Berdoa untuk segiap kegiatan
Kegiatan ini
bertujuan untuk membiasakan anak-anak membaca doa baik itu sebelum dan sesudah
beraktivitas dengan berdoa, mereka dapat selalu ingat akan Penciptanya.
v Mengajak anak ke pengajian
Dengan mengajak
anak ikut pengajian bisa melatih kemampuan anak usia dini bersosialiasi.
v Baca buku
Dengan mengajak
anak membaca buku, tentunya dapat melatih perkembangan otak pada anak dan
memperbanyak kosakata pada anak.
Jawaban Soal no
3:
v Perkembangan kognitif anak usia 4-6tahun
menurut Piaget adalah suatu priode waktu di mana cara berpikir dan perilaku
anak dalam situasi yang beragam menggambarkan struktur mental tertentu yang
mendasari. Piaget menyebutkan bahwa segala sesuatu yang dipelajari oleh
individu dan berhasil dilakukan, organisasikan sebagai sesuatu skema merupakan
sekumpulan pikiran atau kegiatan yang sama serta terorganisasi
Perkembangan kognitif anak usia 4-6
tahun masuk ke dalam tahap praoperasional apa yang sebelumnya telah diperoleh
anak dikembngkan Kembali ke dalam bentuk reprentasi mental. Anak mentranfer
gagasan tentang objek hubungan sebab akibat-akibat, ruang dan waktu ke dalam
peraturan baru dan struktur organisasi yang lebih tinggi. Kemampuan untuk
merepresentasikan objek dan kejadian secara mental.
Kemampuan anak melakukan
repreasentasi mental dapat terjadi karena anak sudah dapat melakukan fungsi
semiotic yaitu kemampuan untuk mengunakan sesuatu objek atau kejadian untuk
menganti objek lain
v Keterbatasan- keterbatasan
perkembangan kognitif pada anak usia 4-6 tahun merupakan suatu kondisi yang
mempengatuhi kemampuan berpikir anak. Biasanya si kecil yang mengalami
keterbatansan perkembangan akan memiliki daya ingat rendah, sulit untuk
memahami sesuatu, dak memampuan belajar yang tidak baik.
Keterbatasan
perkembangan kognitif tidak serta merta terjadi begitu saja, tetapi ada
beberapa hal yang menjadi penyebabnya
1.
Cedera Otak
Semua cedera terkait otak yang dapat
mempengaruhi seseorang bagi secara fisik, emosional dan sikap. Biasanya
permasalahan ini dapat terjadi secara tiba-tiba.
Penderita cedera otak umumnya akan sulit untuk mengingat informasi tertentu,
dan bahkan kehilangan sebagian memorinya.
2.
Efek
samping dari pengobatang tertentu
Dalam beberapa kasus, keterbatasan
perkembangan kognitif dapat terjadi pada seseorang yang menjalani pengobatan
tertentu, seperti treatment kemoterapi atau radiasi. Efek samping dari
pengobatan tersebut adalah buruknya kemampuan mengingat, perhatian, dan
menurunnya kemampuan untuk berkonsentrasi.
3.
Keterbatasan yang tidak diketahui
Banyak
keterbatasan kognitif yang tidak memiliki suatu penyebab yang pasti. Bahkan,
belum ada penelitian yang menemukan jawabannya. Pada kasus Alzheimer, banyak studi
yang menunjukkan bahwa penumpukan deposit plak berkontribusi terhadap
perkembangan kondisi ini. Akan tetapi, masih belum jelas bagaimana plak bisa
berkembang.
Jawaban Soal no
4:
Beberapa masalah yang dialami anak usia 4-6 tahun. Masalah-masalah
ini terutama terkait dengan perkembangan Bahasa dan bicara yang terlambat
sekitar 3% dari anak prasekolah mengalami keterlambatan perkembangan Bahasa.
Masalah ini biasanya lebih banyak terjadi pada anak laki-laki dibadingkan
dengan anak perembuan.
1.
Kesulitan untuk mengungkapkan keingingan secara verbal
Kemampuan untuk
mengungkapka ide, keinginan dan perasaan secara verbal mulai perkembangan sejak
anak memasuki ulang tahun pertamanya bahkan pada beberapa anak kemampuan ini
dapat dikuasai pada usia yang lebih mudah. Kemamouan untuk berkomunikasi dengan
orang lain secara verbal ini akan berkembang sejalan dengan bertambahnya usia
2.
Kesulitan untuk berkomunikasi dengan Menggunakan Kalimat Lengkap
Sejalan dengan
semakin banyaknya kosakata yang dikuasai anak usia 4-6 tahun anak juga
mengembangkan pengertiannya tentang tata Bahasa yang baik melalui interaksi
dirinya denga orang-orang dewasa di sekitarnya. Penggunaan kalimat yang
kompleks ini dimulai dengan menggabungkan dua penyusunan dua kalimat yang dapat
saling berhubungan, misalnya kemarin ibu mengajakku pergi ke pasar dan kami
membeli sepatu baru.
Sesunggunya
anak-anak usia prasekolah pada umumnya sudah menguasai tata Bahasa dengan baik,
namun terkadang mereka cederung sering menyinkat kalimat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar