KETERAMPILAN
GURU DAN SISWA ABAD 21
a.
Keterampilan Guru Abad 21
Menjadi keharusan bagi seorang guru untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi, serta pengelolaan
pembelajaran yang berpusat pada
siswa pada abad 21. Pembelajaran abad
21 dituntut untuk berpusat pada siswa (student centred) karena sumber belajar
melimpah bukan hanya bersumber guru, sehingga peran guru menjadi fasilitator, mediator, motivator sekaligus
leader dalam proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa aspek
keterampilan guru abad 21:
No
|
Aspek
|
Indikator
|
1
|
Standar kemampuan abad 21
|
1.
Memfasilitasi dan menginspirasi siswa belajar secara kreatif
2.
Mendesain dan mengembangkan
media digital untuk pengalaman belajar
dan mengevaluasi
3.
Memanfaatkan media digital dalam bekerja dan belajar
4.
Memiliki jiwa nasionalisme dan rasa tanggungjawab tinggi di era
digital
5.
Mampu menumbuhkan
profesionalisme dan kepemimpinan
|
2
|
Pengelolaan Pembelajaran
|
1.
Penguatan tugas utama sebagai
perancang pembelajaran
2.
Menerapkan kemampuan
berpikir tingkat tinggi
(higher order thinking),
3.
Menerapkan metode
pembelajaran yang bervariasi, serta
4.
Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
|
3
|
Memahami isu-isu
lokal dan global
dan tanggap terhadap
perubahan budaya digital yang
berkembang
|
Menyerap informasi sangat cepat baik local maupun global
dan dapat mempertanggung
jawabkannya ketika akan
dijadikan sebagai bahan kajian
dalam pembelajaran
|
4
|
Penilaian atau
evaluasi
|
1. Guru menggunakan
pengetahuan dan sumber daya mereka untuk merancang kegiatan pembelajaran
bersama dan proyek untuk dan dengan siswa, misalnya dengan model e-learning
2. Guru
membuat pendekatan yang lebih berpusat pada peserta didik dengan memberi
siswa lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri:
§ siswa
memilih proyek mereka sendiri
§ siswa
memutuskan apa tujuan mereka
§ Mengomunikasikan
dan membuat kesepakatan bagaimana penilaian akan dilakukan
§ siswa bekerja
sama dalam kelompok kecil, dan memutuskan di antara mereka peran
masing-masing anggota
|
b. Keterampilan siswa abad 21
Siswa pada abad 21 sangat berbeda dengan
abad sebelumnya, dimana perkembangan teknologi sangat cepat, akibatnya
informasi dapat dieroleh dengan begitu cepat dan luas. Oleh sebab itu pada
abad 21 dalam pendidikan siswa harus
mempunyai beberapa keterampilan yang disebut 4 C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).
No
|
Keterampilan
|
Indikator
|
1
|
Communication (komunikasi)
|
1. Pengucapan
yang jelas tidak ada makna ganda dan utuh.
2. Berbicara
dengan tegas, tidak berbelit-belit
3. Memahami
betul siapa yang diajak bicara, hadapkan wajah dan badan, pahami pikiran
lawan bicara.
4. Menyampaikan
informasi dengan bahasa penerima informasi.
5. Menyampaikan
dengan kemampuan dan kadar akal penerima informasi
6. Memebrikan
contoh nyata
7. Menyampaikan
informasi dengah lembut, agar berkesan, membuat sadar dan menimbulkan
kecemasan yang mengcerahkan
8.
Mengendalikan noise dan umpan balik untuk
meyakinkan informasi sudah diterima.
|
2
|
Collaborative
(kolaborasi)
|
1.
Saling
bersinergi, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja
secara produktif dengan yang lain;
2.
Menempatkan
empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda.
3.
Mampu
menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada
tempat kerja, dan hubungan masyarakat
4.
Menetapkan
dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain
5.
Memaklumi
kerancuan.
|
3
|
Critical thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan
pemecahan masalah)
|
1.
Mampu menalar, memahami dan membuat pilihan yang
rumit
2.
Memahami
interkoneksi antara sistem, menyusun, mengungkapkan, menganalisis, dan menyelesaikan
masalah.
|
4
|
Creativity and Innovation (Kreativitas dan inovasi)
|
1.
Mampu gagasan baru.
2.
Menghasilkan
penemuan-penemuan baru (dan biasanya bernilai secara ekonomis) .
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar