Download Kitab Khasiat - Khasiat Qosidah Burdah

Sebab dikarangnya Syair Burdah

Sebagian ulama yang mensyarah kitab burdah menyebutkan sebab Imam Al-Bushiri menyusun Burdahnya yang terkenal adalah karena beliau mengidap penyakit lumpuh yang membuat separuh tubuhnya cacat (Syekh Al-Bushiri tersebut di atas adalah seorang imam dan ulama ahli bahasa Arab) sehingga beberapa saudaranya dari ulama bahasa Arab datang mengunjunginya, dan setelah orang orang itu pergi, Imam Al-Bushiri mengadu kepada saudaranya bahwa dia telah ditimpa musibah. dengan penyakit yang membuatnya terbaring di tempat tidur, dan para dokter tidak mampu mengobatinya.

    Saudaranya berkata kepadanya: "Anda adalah salah seorang ulama ahli bahasa dan penyair Arab. Mengapa Anda tidak membuat syair yang memuji Rasulullah SAW, dan meminta pertolongan dengan itu kepada Allah Yang Maha Mulia.” Syekh Al-Bushiri berkata kepadanya: “Apakah kamu meyakini hal ini (Syair memuji Rasulullah SAW) bermanfaat dan berguna untuk penyakit saya ini?”  Saudaranya berkata kepadanya: “Tidak ada seorang pun yang mendekat kepada Allah Yang Maha Mulia dan kepada Nabi Muhammad Kekasih Allah Yang memberikan Syafa’at kembali dalam keadaan kecewa, dan tidak ada seorang pun yang meminta syafa’at (pertolongan) kepadaNya kecuali permintaannya dikabulkan.”

    Maka Syekh Al-Bushiri merangkai syair Burdahnya pada malam itu, dan di malam yang sama bermimpi melihat Nabi Muhammad SAW dalam tidurnya, mendatanginya dan mengusapkan tangan yang mulia padanya, dan menurut sebuah riwayat, Nabi Muhammad menyelimuti Imam Al-Bushiri dengan mantelnya (selimut = burdah), dan di pagi harinya beliau sembuh dari penyakitnya. 

Beberapa Khasiat Syair Burdah

Syekh Abdu As-Salam Al-Marraksyi RA, berkata:

  • Barang siapa membacakan puisi Al-Burdah karya Imam Al- Busiri pada orang sakit, maka Allah SWT akan menyembuhkannya kecuali waktu kematiannya sudah tiba. 
  • Atau membacakannya pada anak maka akan selamat dari ganggguan jin, was-was, Ummu Subyan (jin penggangu anak anak), dan penyakit serta mara bahaya lainnya. 
  • Dan tidaklah seorang musafir membawanya di dalam atau di atas barang bawaannya, kecuali ia aman dari kesulitan perjalanan dan kerugian perdagangan. 
  • Secara umum, dibacakan ketika kesulitan, wabah penyakit, epidemi, gerhana, dan hal-hal sulit lainnya datang. 
  • dan banyak lagi khasiat syair-syair dalam kitab qosidah burdah, silahkan download kitab khasiat qosidah burdah berikut: DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar