BAB I
PENDAHULUAN
Untuk menjawab tantangan Zaman Teknologi Globalisasi
yang semakin berkembang pesat maka harus diimbangi dengan ketaqwaan kita kepada
Allah SWT, yang diantaranya untuk menopang kegiatan ketaqwaan tersebut
adalah Pondok Ramadhan. Dalam bentuk pendidikan karakter secara
nyata dan memberi bekal pada peserta didik dalam urusan duniawi maupun
ukhrowi.
Karena pertimbangan di
atas, maka sangat dibutuhkan adanya suatu kerjasama yang dapat memberikan
peningkatan / hasil yang maksimal . Sehingga diharapkan nantinya peserta
didik yang telah dibina dalam kegiatan Pondok Ramadhan
tersebut memiliki daya saing tinggi dalam dunia pendidikan terutama
bidang keimanan dan ketaqwaan.
Dengan melihat tantangan yang ada di depan mata tersebut sudah selayaknya kita mengembangkan potensi sumber daya yang ada di Madrasah Tsanawiyah Ihyaul Ulum. Final Project Competition Pondok Ramadhan merupakan salah satu langkah perangsang dan wujud perhatian terhadap peserta didik MTs Ihyaul Ulum Manyar sekaligus sebagai langkah pengembangan potensi peserta didik.
BAB II
DASAR PELAKSANAAN KEGIATAN
Pelaksanaan kegiaan Pesantren Ramadhan serta pembagian zakat fitrah tahun 1442 H / 2021 ini didasarkan atas beberapa hal berikut ini:
1. UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Permen Diknas No 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
3. Surat Edaran Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur No. B-2096/Kw.13.2.1/HM.00/4/2021
4. Rapat dewan guru MTs Ihyaul Ulum Manyar.
BAB III
TUJUAN DAN TARGET PESANREN RAMADHAN
A.
Tujuan
Pesantren Ramadhan MTs Ihyaul Ulum Manyar 1442 H/2021 M
1.
Meningkatkan
ketaqwaan kepada Allah SWT.
2.
Terbimbingnya
siswa dalam latihan kegiatan Sholat Lima Waktu, Tadarus, Asmaul Husna, Sholat
Tahajud, Sholat Duha , Taraweh , dan Kultum dengan baik dan benar
3.
Terselenggaranya
kegiatan keagamaan secara terprogram.
4.
Meningkatkan
rasa sosial keagamaan ( membagikan zakat fitrah ) kepada fakir miskin
5.
Mengembangkan
potensi sumber daya yang ada di MTs Ihyaul Ulum Manyar terutama bidang keagamaan sebagai salah
satu langkah perangsang dan wujud nyata dari kegiatan Pondok Ramadhan.
B.
Target
Pesantren Ramadhan MTs Ihyaul Ulum Manyar 1442 H/2021 M
Kegiatan pada bulan Ramadhan hendaknya
dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa dan guru.Hasil yang diharapkan
dapat diperoleh setelah kegiatan berupa:
1.
Meningkatnya
keimanan peserta didik karena adanya kegiatan ibadah yang senantiasa dibimbing
oleh guru;
2.
Meningkatnya
keimanan guru karena adanya kegiatan ibadah yang dijadwalkan
3.
Meningkatnya
kesadaran peserta didik melaksanakan puasa dengan ikhlas.
4.
Meningkatnya
keyakinan peserta didik akan pahala yang berlipat jika melaksanakan
ibadah di bulan puasa.
5.
Meningkatnya
rasa sosial peserta didik antara sesama manusia.
BAB IV
URAIAN PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
WAKTU
PELAKSANAAN
Kegiatan
ini dilaksanakan dengan menjaga protocol kesehatan, yakni tetap menjaga jarak. kegiatan
dilaksanakan dari pukul 07.00 – 09.00 WIB. Jadwal terlampir
B.
TEMPAT
PELAKSANAAN
Pesantren
Ramadhan dilaksanakan di MTs Ihyaul Ulum
Manyar dengan menggunakan mushallah sebagai pusat kegiatan.
C.
PANITA
Panitia
pelaksana kegiatan pondok romadhon MTs Ihyaul Ulum Manyar tahun pelajaran 2020/2021
adalah sebagai berikut:
-
Penanggung jawab :
kepala madrasah
-
Ketua Panitia :
H. Abdul Qodir Masykur
-
Sekretaris :
Moh. Hasanuddin, S.Pd.I
-
Bendahara :
Moh. Ilham, S.Pd.I
D.
PESERTA
Peserta
kegiatan pondok romadhon ini adalah siswa – siswi MTs ihyaul Ulum yang
berjumlah 67 dengan perincian :
-
Kelas VII a :
14 siswa
-
Kelas VII b :
16 siswa
-
Kelas VIII a :
17 siswa
-
Kelas VIII b :
20 siswa
-
Biaya
pelaksanaan kegiatan pondok romadhon ini adalah diambil dari RAKM yang
berjumlah 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) yang akan digunakan
untuk :
1.
Pembelian kitab pegangan guru dan siswa
2.
Honor panitia dan guru pembimbing
3.
Admistrasi
(Riancian anggaran terlampir)
F.
URAIAN
KEGIATAN
Kegiatan
dalam Pesantren Ramadhan ini dapat diuraikan sebagai berikut:
1.
Kegiatan
Tadarus al-Qur’an
Dalam kegiatan ini, peserta didik membaca surat-surat
yang telah ditentukan seperti Yaasin, al-Waqiah, dan diwajibkan membawa
al-Quran, sehingga dalam proses tadarrus tidak mengganggu peserta didik lain.
Kegiatan ini dipandu oleh Pembina pesantren Ramadhan.
2.
Kegiatan
sholat Dhuha
Kegiatan ini dilaksanakan setelah tadarrus al-Qur’an
(shalat Dhuha) serta setelah pemberian materi (shalat Dhuhur) yang dilaksanakan
didalam ruangan kelas. Hal ini disebabkan karena letak musholla yang jaraknya
lumayan jauh dari madrasah. Selain itu, agar kegiatan tersebut lebih efisien
dan efektif.
3.
Kegiatan
Pemberian Materi
Pada kegiatan ini, peserta didik diberikan bekal
materi kitab Hujjah Ahlus Sunnah wal
Jama’ah. Yang dberikan oleh guru pembimbing. Dan dalam hal
ini, panitia tidak hanya melibatkan guru untuk memberikan materi, namun juga
pihak yayasan serta komite madrasah.
4.
Pembagian
Zakat Fitrah
Kegiatan ini melibatkan peserta didik dalam
pembagiannya, sehingga diharapkan peserta didik mampu mengambil hikmah serta
pengalaman dalam prosesnya. Zakat fitrah berasal dari masyarakat madrsah serta
dibagikan kepada
BAB VI
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Kegiatan Pesantren Ramadahan ini sangat bermanfaat
bagi peserta didik serta dewan guru. karena kegiatan ini, sebagai media
pembelajaran keagamaan serta sosial kepada peserta didik.oleh sebab itu,
kegiatan ini perlu terus ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat berjalan
dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar