Tugas Akhir Modul 4
NAMA :
KELAS :
NO PESERTA :
INSTRUKTUR :
Di suatu kelas
terdapat 30 siswa dengan rincian :
- Jumlah
laki-laki 20 orang, jumlah perempuan 10 orang
- Status
sosial 50% adalah anak dari pekerja buruh pabrik, 20 % PNS, dan 10 %
adalah pedagang, 20% adalah pegawai swasta/BUMN
- Minat
siswa 50% pada kegiatan olahraga, 10% pada aspek akademis, 20% pada
kegiatan seni, dan 20% pada aspek ketrampilan
- Kemampuan
siswa 40% pada batas bawah, 40% pada batas menengah, dan 20% pada batas
tinggi
- Preferensi
belajar 40% kinestetik, 30% visual, 30% auditory
Pertanyaan
- Bagaimana
cara mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran dengan karakteristik
tersebut diatas (ambil 1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
- Bagaimana
mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik diatas (ambil 1sub
tema pembelajaran/ 1 mapel)
Pembahasan
a. Cara
mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran dengan berbagai karakter peserta
didik
Berdasarkan
pada pertanyaan diatas, dalam suatu kelas terdapat berbagai macam perbedaan
karakter peserta didik diantaranya: gender, status sosial, minat, kemampuan
intelegensi dan preferensi. Dalam hal ini guru harus mengembangkan pembelajaran
yang tepat guna dapat mengakomodasi seluruh peserta didik yang ada di kelas
tersebut.
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester :
VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok :
Semua Bersih Hidup Jadi
Nyaman
Berikut
merupakan identifikasi karakter siswa berdasarkan masalah pada soal tersebut:
Tabel Identifikasi karakteristik siswa
No
|
Karakteristik
|
Banyak
|
Jumlah
|
|
1
|
Gender
|
Laki-Laki
|
20
|
30
|
Perempuan
|
10
|
|||
2
|
Status
Sosial
|
Buruh
Pabrik 50%
|
15
|
30
|
PNS
20%
|
6
|
|||
Pedagang
10%
|
3
|
|||
Pegawai
Swasta 20%
|
6
|
|||
3
|
Minat
|
Olahraga
50%
|
15
|
30
|
Akademis
10%
|
3
|
|||
Seni
20%
|
6
|
|||
Keterampilan
20%
|
6
|
|||
4
|
Kemampuan
|
Bawah
40%
|
12
|
30
|
Menengah
40%
|
12
|
|||
Tinggi
20%
|
6
|
|||
5
|
Gaya
Belajar
|
Kinestetik
40%
|
12
|
30
|
Visual
30%
|
9
|
|||
Auditory
30%
|
9
|
*Untuk rincian pembagian
dan nama kelompok bisa dilihat dalam lampiran.
Berdasarkan hasil
identifikasi karakter siswa tersebut, maka usaha kami dalam mengelola dan
mengakomodasi pembelajaran sebagai berikut:
Membagi
siswa kedalam 5 kelompok masing-masing kelompok berisi 6 siswa dengan pemerataan
karakteristik sebagai berikut:
1.
Masing
– masing kelompok terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 2 siswa prempuan, hal ini
adalah untuk mengakomodasi kesetaraan gender dalam kelompok, dengan mengacu
pada karakteristik antara laki-laki dan perempuan menurut Barreca, Gina. 21
September 2014. Psychology Today.Com, diharapkan didalam susunan kelompok seperti ini akan
meningkatkan motivasi, perhatian dan respon dari siswa sehingga kerja kelompok
menjadi aktif.
2.
Masing
– masing kelompok minimal 1 anak dari status sosial tinggi;
Tidak dapat dipungkiri bahwa status
sosial sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat, Keluarga (orang tua) yang
keadaan sosial ekonominya tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam
memenuhi kebutuhan sekolah anak, berbeda dengan orang tua yang keadaan sosial
ekonominya rendah. Contohnya: anak dalam belajar akan sangat memerlukan sarana
penunjang belajarnya, yang kadang-kadang harganya mahal. Bila kebutuhannya
tidak terpenuhi maka ini akan menjadi penghambat bagi anak dalam pembelajaran.
Oleh sebab itu dengan komposisi
kelompok seperti ini diharapkan pada setiap kelompok dapat ditunjang dengan
fasilitas yang cukup, mulai dari buku sumber yang lengkap, alat-alat peraga,
dan 1 laptop.
3.
Setiap
kelompok terdiri dari siswa yang mempunyai minat berbeda;
Minat belajar merupakan faktor penting
dalam proses pembelajaran, oleh sebab itu seorang pendidik harus dapat
menumbuhkan minat belajar peserta didiknya dengan menggunakan media
pembelajaran, dan menggunakan model pembelajaran inovatif.
Oleh sebab itu, dengan pembagian
komposisi minat yang berbeda dalam satu kelompok, diharapkan setiap kelompok
tidak kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan; misalkan dalam sebuah
kegiatan pembelajaran sub materi yang disampaikan berkaitan dengan
keterampilan, karena tiap kelompok terdapat siswa yang berminat dalam
keterampilan sudah tentu dia akan cepat menguasai dan dapat menerjemahkan
materi tersebut, sehingga kemudian dia dapat membantu anggota yang lain dalam
memahami materi tersebut.
4.
Setiap
kelompok terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda;
Dengan
begitu diharapkan materi yang disampaikan dapat dipahami dengan merata,
Berdasar dari hasil beberapa penelitian yang dilakukan, terdapat hubungan
positif antara dukungan yang diberikan teman sebaya terhadap penyesuaian diri
peserta didik, maka dalam kerja kelompok teman siswa yang berkemampuan tinggi dapat
membantu siswa yang yang berkemampuan menengah atau rendah, sehingga
pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan secara tepat waktu dan tepat sasaran.
5.
Setiap
kelompok terdiri dari siswa yang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda;
Dengan beragamnya gaya belajar siswa,
maka guru harus dapat menyesuaikan gaya belajar siswa dan kecenderungan
kecerdasan yang paling menonjol dimilikinya, oleh sebab itu metode pembelajaran
yang disampaikan harus dapat menyesuaikan gaya belajar siswa, kami membuat
contoh sebagai berikut:
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok :
Semua Bersih Hidup Jadi
Nyaman
No
|
Gaya belajar
|
Keterangan
|
1.
|
Manampilakan tulisan, bagan-bagan,
film, gambar, atau kode tentang pengertian Thoharoh (bersuci)
|
Mengakomodasi gaya visual
|
2.
|
Memutar musik, rekaman, menjelaskan
dengan kata-kata tentang Thoharoh (bersuci)
|
Mengakomodasi gaya Auditori
|
3.
|
Memakai alat peraga, demonstrasi, praktik
cara Thoharoh (bersuci) yang benar.
|
Mengakomodasi gaya Kinestetik
|
b. Cara mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik diatas
Berdasarkan
Tabel Identifikasi Karakteristik siswa dalam kelas tersebut, dapat disimpulkan
bahwa terdiri siswa yang berkarakter majemuk. Untuk itu guru hendaknya dalam
proses pembelajaran membantu mengembangakan kecerdasan berbagai macam karakter
majemuk tersebut, oleh sebab itu kami berusaha untuk mendisain pembelajaran
sesuai dengan karakter majemuk siswa berdasarkan teori Howard Gardner sebagai
berikut:
Kecerdasan
|
Karakteristik
|
Strategi
pembelajaran
|
1.
Kecerdasan Logis Matematis
|
a.
Menggunakan angka, penalaran, hubungan sebab-akibat dan hubungan
logis suatu peristiwa.
b.
Menunjukkan ketrampilan pemecahan yang logis.
c.
Berpikir secara matematis dengan mengumpulkan bukti, membuat
hipotesis
d.
\Menyukai operasi yang kompleks; kalkulus, fisika, pemograman
komputer, atau metode penelitian.
e.
Mengungkapkan ketertarikan dalam karir-karir; akuntansi,
teknologi komputer, hokum, mesin, dan ilmu kimia
|
a.
Memecahkan masalah dengan pemikiran matematis
b.
Hipotesis, percobaan, menafsirkan data, dan menarik kesimpulan.
c.
Diagram venn untuk mempolakan masalah
d.
Membuat analogi
e.
Berpikir dari tingkat rendah hingga berpikir tingkat tinggi.
f.
Mengkategorikan fakta – fakta yang dipelajari sesuai sifat dan
jenisnya
g.
mempola atau kode, atau simbol untuk mengetahui obyek
|
2.
Kecerdasan Bahasa
|
a.
Menirukan suara, bahasa, membaca, menulis, dari orang lainnya.
b.
Menggunakan ketrampilan menyimak, berbicara, menulis, dan
membaca
c.
Membaca secara efektif, memahami, meringkas, menafsirkan, atau
menerangkan, mengingat yang telah dibaca.
d.
Menulis secara efektif,
e.
Menunjukkan minat dalam jurnalisme, puisi, bercerita, debat,
berbicara, menulis, atau menyunting
|
a.
Bercerita
b.
Diskusi
c.
Merekam dengan tape recorder
d.
Menulis jurnal
e.
Publikasi
|
3.
Kecerdasan Musikal
|
a.
Mendengarkan dan merespon dengan ketertarikan terhadap berbagai
bunyi
b.
Mengoleksi musik dan informasi musik dalam berbagai bentuk
c.
Mengembangkan kemampuan menyanyi dan memainkan instrument
d.
Dapat memberikan interpretasi mengenai composer dan menganalis
serta mengkritik musik terpilih.
e.
Mengungkapkan ketertarikan dalam bidang music
|
a.
Irama, lagu dan senandung
b.
Diskografi
c.
Musik supermemori
d.
Konsep musikal
e.
Music suasana
|
4.
Kecerdasan Visual
Spasial
|
a.
Belajar dengan melihat, mengamati, mengenali wajah – wajah,
benda – benda , warna, detail – detail, dan pemandangan
b.
Melihat hal atau benda dengan perspektif baru
c.
Merasakan pola – pola yang lembut maupun rumit
d.
Cakap mendesain secara abstrak atau representasional
e.
Mengekspresikan ketertarikan menjadi artis, fotografer, teknisi,
videographer, arsitek, perancang, pengamat seni, pilot dan lainnya.
|
a.
Visualisasi
b.
Penggunaan warna
c.
Metafora gambar
d.
Sketsa gagasan
|
5.
Kecerdasan Kinestetis
|
a.
Belajar dengan langsung
b.
Sensitive dan responsive terhadap lingkungan dan system secara
fisik
c.
Mendemostrasikan keseimbangan, ketrampilan, dan ketelitian dalam
tugas fisik
d.
Mempunyai kemampuan untuk memperbaiki segala sesuatu secara
pementasan fisik
e.
Mengekspresikan ketertarikan pada karir
atlit, penari, ahli bedah, atau pembuat gedung
|
a.
Respon tubuh
b.
Teater kelas
c.
Konsep kinestetis
d.
Hands on thinking
e.
Peta tubuh
|
6.
Kecerdasan Interpersonal
|
a.
Terikat dengan orang tua dan berinteraksi dengan orang lain
b.
Merasakan pikiran,
perasaan, motivasi, tingkah laku orang lain.
c.
Mempengaruhi pendapatan dan perbuatan orang lain
d.
Menyesuaiakan diri terhadap lingkungan dan grup yang berbeda
e.
Tertarik pada karir seperti mengajar, pekerjaan social,
konseling, manajemen, dan politik.
|
a.
Berbagi rasa dengan teman sekelas
b.
Kerja kelompok
c.
Simulasi
|
7.
Kecerdasan Intrapersonal
|
a.
Sadar akan wilayah emosinya
b.
Membangun hidup dengan suatu system nilai etik (agama)
c.
Bekerja madiri
d.
Berusaha untuk mengaktualisasikan diri
e.
Termotivasi untuk mengidentifikasi dan memperuangkan tujuannya.
|
a.
Sesi refleksi satu menit
b.
Moment mengekspresikan perasaan
c.
Sesi perumusan tujuan
|
8.
Kecerdasan
Naturalis
|
a.
Suka dan akrab pada berbagai hewan peliharaan
b.
Sangat menikmati berjalan-jalan di alam terbuka
c.
Suka berkebun atau dekat dengan taman dan memelihara binatang.
d.
Menghabiskan waktu di dekat akuarium atau sistem kehidupan alam.
e.
Suka membawa pulang serangga, daun bunga atau benda alam
lainnya.
f.
Berprestasi dalam mata pelajaran IPA, Biologi, dan lingkungan
hidup.
|
a.
Jalan – jalan di alam terbuka
b.
Melihat keluar jendela
c.
Ekostudi
|
Dengan
dasar teori tersebut, langkah pembelajaran dalam kelas adalah sebagai berikut:
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman
(Macam-macam Najis dan cara Bersuci dari
Hadast Kecil dan Besar)
No
|
Kegiatan
|
Pengembangan
Kecerdasan
|
1
|
a. Guru membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan
penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan
membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c. Guru memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
|
a. Kecerdasan
Bahasa
b.
Kecerdasan bahasa, Musikal
c.
Kecerdasan Intrapersonal,
Visual.spasial
d. Kecerdasan
intrapersonal, Kecerdasan bahasa
e. Kecerdasan
matematis, bahasa, Intrapersonal
|
2.
|
a. Peserta
didik dibagi menjadi 5 kelompok sesuai dengan karakter diatas dan diberikan
tugas untuk berdiskusi dengan memanfaatkan berbagai macam sumber belajara
mengenai tatacara bersuci dari hadast
b. Peserta
didik secara bergantian menyampaikan hasil diskusi tentang , sedangkan
kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan tentang tatacara bersuci dari hadast
c. Guru
memberikan penjelasan tambahan dengan menampilkan slide, memutar film/video
tentang tatacara bersuci dari hadast
sebagai penguatan
d. Guru
mengajak siswa keluar menuju masjid sekolah untuk praktik bersuci dari hadast
|
a. kecerdasan
matematis, bahasa, intrapersonal
b. Kecerdasan
bahasa, Visual spasial, Musikal/auditory
c. Kecerdasan
Visual Spasial, Musikal
d. Kecerdasan
Kinestetik, Interpersonal, Naturalis.
|
3
|
1. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan
3. Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4.
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdoa
|
a. Kecerdasan
Matematis, bahasa
b. Kecerdarasan
Intrapersonal
c. Kecerdasan
matematis,
d. Kecerdasan
bahasa
|
Lampiran 1
Pembagian Kelompok Bersarkan
Karakterisrik Siswa
Kelompok
|
Berdasarkan
Karakter
|
|||||||||||||||
Gender
|
Status
Sosial
|
Minat
|
Kemampuan
|
Gaya
Belajar
|
||||||||||||
LK
|
Pr
|
B.Pbrk
|
PNS
|
pdgng
|
p.swasta
|
olhrg
|
Akdm
|
Seni
|
ktrmpln
|
Bawah
|
Menengah
|
Tinggi
|
Kinestetik
|
Visual
|
Auditory
|
|
1
|
4
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
2
|
4
|
2
|
3
|
1
|
1
|
1
|
3
|
1
|
1
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
3
|
1
|
1
|
1
|
3
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
4
|
2
|
3
|
1
|
1
|
1
|
3
|
1
|
1
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
2
|
2
|
5
|
4
|
2
|
3
|
1
|
1
|
1
|
3
|
1
|
2
|
2
|
3
|
1
|
2
|
2
|
2
|
|
JMl
|
20
|
10
|
15
|
5
|
4
|
6
|
15
|
3
|
6
|
6
|
12
|
12
|
6
|
12
|
9
|
9
|
30
|
30
|
30
|
30
|
30
|
Lampiran 2
Pembagian
Nama Kelompok Berdasarkan Karakteristik Siswa
Kelompok
|
Nama Siswa
|
buruh
|
PNS
|
pedagang
|
p.swasta
|
Olahraga
|
Akademik
|
Seni
|
ktrmpln
|
Bawah
|
Menengah
|
Tinggi
|
Kinestetik
|
Visual
|
Auditory
|
1
|
M. FAJRUR ROMADHONI
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
M. SYAIFUL FIKRI
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
|
M. KHABIB FAUZI
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
IMAM PRAYOGI
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
DEWI KARTIKA SARI
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
|
IYADATUL UMUL KHOIROH
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
2
|
M. SYAIFUDDIN
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
1
|
|
|
A. ALI FAUZI
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
|
MOH. IHSAN MA'RUF ARDI
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
|
RIFA KHABIB UBAIDILLAH
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
LAILATUN NUCHA
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
YULIA YESI
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
3
|
KHARIS WAHYUDI
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
MUSOLLIN
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
|
ABDUR ROHMAN
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
MOH. ZIDNI ILMAN
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
FITRIANI
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
FAJRIYATUR ROHMAH
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
4
|
GALIH ADI SATRIO
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
MOH. ROSYAD MAULANA
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
M. ABID IHSANUDDIN
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
M. RIYAN DAFIT PURWANTO
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
INA APRILIYANA
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
|
BAROKATUT TAQIYAH
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
1
|
|
|
|
5
|
ISOM MUHLASIN
|
1
|
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
M. IVAN NAUVAL
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
M. ROY HABIBI
|
1
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
|
HARDIYANTO
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
|
|
|
EKA RAHAYU NI'MATUT T.
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1
|
|
RIFATUL HIDAYAH
|
|
1
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
1
|
Lampiran
3
Diagram
karakteristik siswa kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar