semoga blog ini bermanfaat, Please subscribe n follow halaman FB saya: @pecisantrinu dan chanel youtube saya: @Pecihitam NU
Label
- A.JASA DISAIN
- aplikasi
- ARTIKEL
- BROSUR
- CERAMAH
- CONTOH PROPOSAL
- DISAIN
- Do'a
- DOWNLOAD
- DOWNLOAD KITAB
- DZIKIR DAN DO'A
- FILM
- GAME
- INFO MENARIK
- INFO UNIK
- KAJIAN
- KHUTBAH
- KISAH
- KISAH INSPIRATIF
- KITAB
- KOMIK
- MAKALAH
- MASALAH FIKIH
- MEDIA PEMBELAJARAN
- MP3 ISLAMI
- NGAJI
- RPP
- shalawat
- SKRIPSI
- SOFTWARE
- SURAT
- TOKOH
- TUTORIAL KOMPUTER
DOWNLOAD ADMINISTRASI GURU DAN WALI KELAS
Guru dan wali kelas mempuanyai tugas yang sangat berat dalam dunia pendidikan, dimana guru mempunyai amanah dari masyarakat untuk membimbing peserta didik agar menjadi manusia yang seutuhnya. terlebih lagi seorang guru yang merangkap menjadi wali kelas, dimana seorang wali kelas adalah bertanggung jawap penuh terhadap keberlangsungan aktifitas peserta didik dalam suatu kelas. hal tersebut tentu tidak bisa dilaksanakan dengan tanpa rencana agar dapat mencapai hasil yang maksimal.
Pendidikan bermutu menjadi tugas guru sebagai amanah. Program peningkatan pendidikan melalui peningkatan kualitas guru memang merupakan pilihan prioritas yang logis. Hal seperti ini juga membanggakan bagi guru. Karena berarti, profesi guru dipandang sebagai profesi yang teramat mulia dan strategis dan mendapat perhatian lebih.
Sebagai guru yang profesional, maka hendaknya dalam kegiatan pengajaran guru telah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan dalam penyamapaian materi ataupun manajemen yang terkait. Maka dari itu, guru membutuhkan Administrasi yang disebut dengan Administrasi Guru.
Berikut ini kami ingin membagikan beberapa file untuk melengkapi administrasi guru dalam melakasanakan pembelajaran di kelas. langsung ja silahan download dan pilih filenya di link googledrive berikut ini:
CONTOH BACKDROP WALIMAH
CONTOH BANNER / BACKDROP UNTUK WALIMATUL URSY
assalamualaikum dulur-dulur, semoga tetap sehat amin,
kebetulan saya kemarin diminta untuk membuatkan baner / backdrop untuk acara walimatul ursyi, akhirnya saya buatkan, yah meskipun gak begitu ahli tapi mungkin ja teman-teman warga internet ada yang membutuhkan sekalian aja saya share untuk seluruh warganet sedunia semoga bisa bermanfaat.
DOWNLOAD RPP / PERANGKAT PAI UNTUK MA/MAK
Berikut ini kami share perangkat pembelajaran pelajaran Agama untuk Madrasah Aliyah (MA)
langsung saja ke link berikut:
NO
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS
|
LINK
|
1
|
FIQIH
|
KELAS X MA
KELAS XI MA
KELAS XII MA
|
|
2
|
AKIDAH AHLAK
|
KELAS X MA
KELAS XI MA
KELAS XII MA
|
DOWNLOAD
|
3
|
AL QUR’AN HADIST
|
KELAS X MA
KELAS XI MA
KELAS XII MA
|
|
4
|
SKI
|
KELAS X MA
KELAS XI MA
KELAS XII MA
|
DOWNLOAD
DOWNLOAD
|
5
|
BAHASA ARAB
|
KELAS X MA
KELAS XI MA
KELAS XII MA
|
CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)
untuk file lengkapnya bisa anda download di sini
A. PENGERTIAN
Belakangan ini Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh para
profesional sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai
bidang. Awal mulanya, PTK, ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah
sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di
masyarakat pada saat itu. PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian
terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan
dasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang
telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang dipakai
sebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada tahap
pelaksanaan. Hasil dari proses refeksi ini kemudian melandasi upaya perbaikan
dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atas
dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan sampai suatu kualitas
keberhasilan tertentu dapat tercapai.
Dalam bidang pendidikan,
khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian
terapan. PTK sangat bermanfaat bagi
guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan
melaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah yang
timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai
ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif. Selain itu
sebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan tugas utamanya mengajar
di kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatu
penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di
lapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda : praktisi dan
peneliti.
Classroom
action research (CAR) adalah action research yang dilaksanakan oleh guru di
dalam kelas. Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian
“riset-tindakan-riset-tindakan- …”, yang dilakukan secara siklik, dalam rangka
memecahkan masalah, sampai masalah itu terpecahkan. Ada beberapa jenis action research, dua di
antaranya adalah individual action research dan collaborative action research
(CAR). Jadi CAR bisa berarti dua hal, yaitu classroom action research dan
collaborative action research; dua-duanya merujuk pada hal yang sama.
Action research termasuk penelitian kualitatif
walaupun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif. Action research
berbeda dengan penelitian formal, yang bertujuan untuk menguji hipotesis dan
membangun teori yang bersifat umum (general). Action research lebih bertujuan
untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan hasilnya tidak untuk
digeneralisasi. Namun demikian hasil action research dapat saja diterapkan oleh
orang lain yang mempunyai latar yang mirip dengan yang dimliki peneliti.
Perbedaan antara penelitian formal dengan classroom
action research disajikan dalam tabel berikut.
Tabel 1. Perbedaan antara Penelitian Formal
dengan Classroom Action Research
Penelitian Formal
|
Classroom Action Research
|
Dilakukan oleh orang lain
|
Dilakukan oleh guru/dosen
|
Sampel harus representatif
|
Kerepresentatifan sampel tidak diperhatikan
|
Instrumen harus valid dan reliabel
|
Instrumen yang valid dan reliabel tidak
diperhatikan
|
Menuntut penggunaan analisis statistik
|
Tidak
diperlukan analisis statistik yang rumit
|
Mempersyaratkan hipotesis
|
Tidak selalu menggunakan hipotesis
|
Mengembangkan teori
|
Memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung
|
DOWNLOAD SHALAWAT LANGITAN (FI HUBBI)
Album (fihubbi) Dalam Naungan Cinta Rasul
- Ad'u wa unaji Langitan 15 DOWNLOAD
- Assubhu bada Langitan 15 DOWNLOAD
- Fihubbi Langitan 15 DOWNLOAD
- Jahidu (lantani) Langitan 15 DOWNLOAD
- Salamun-salamun Langitan 15 DOWNLOAD
- Tohal yamani Langitan 15 DOWNLOAD
- UMMAH LANGITAN 15 DOWNLOAD
- Ya ilahannas Langitan 15 DOWNLOAD
PERBEDAAN MUSHONNIF DAN MU'ALLIF KITAB
Bagi sebagian santri mungkin masih bingung apa perbedaan Mushonnif kitab dan Mu'allif kitab. Berikut kami rangkumkan dari keterangan KH. Mudzakkir Ma'ruf saat pengajian Kitab Nashihul ibad:
Mushonnif adalah orang yang mengarang kitab tanpa mengambil keterangan dari kitab-kitab lainnya, jadi kitab karangannya adalah murni dari pemikirannya sendiri atau bersumber murni dari ulama tersebut. atau menurut keterangannya kiyai : Allah memberikan ilmu itu langsung kedalam hati ulama tersebut dan dituangkannya ilmu tersebut dalam sebuah karya tulis tanpa berfikir.
Sedangkan Muallif adalah orang yang mengarang kitab yang diambil dari beberapa sumber kitab. jadi sang pengarang mengambil beberapa keterangan dari beberapa kitab rujukan dan kemudian digabungkan menjadi sebuah kitab.
kami juga tambahkan beberapa keterangan yang saya dapat dari facebook tentang perbedaan Mushonnif dan Muallif Kitab sebagai berikut:
- Kitab Mu'jamul Furuq (1/113)
الفرق بين التأليف والتصنيف: أن التأليف أعم من التصنيف وذلك أنالتصنيف تأليف صنف من العلم ولا يقال للكتاب إذا تضمن نقض شئ من الكلام مصنف لانه جمع الشئ وضده والقول ونقيضه، والتأليف يجمع ذلك كله وذلك أن تأليف الكتاب هو جمع لفظ إلى لفظ ومعنى إلى معنى فيه حتى يكون كالجملة الكافية فيما يحتاج إليه سواء كان متفقا أو مختلفا والتصنيف مأخوذ من الصنف ولا يدخل في الصنف غيره.
Perbedaan antara ta'lif dan tashnif
Ta'lif lebih umum daripada tashnif ,hal itu karena sesungguhnya tashnif adalah menyusun golongan/pembagian menurut jenisnya dari ilmu.
Dan tidak dikatakan bagi kitab ketika memuat kebalikan sesuatu dari perkataan disebut mushonnaf. karena kitab mengumpulkan sesuatu dan lawannya, serta qoul dan kebalikannya.
Dan ta'lif itu mengumpulkan kesemuanya itu hal itu karena penyusunan kitab mengumpulkan lafadh kepada lafadh yang lain dan makna kepada makna yang lain dalam kitab sehingga seperti jumlah yang mencukupi dalam hal yang dibutuhkan baik sesuai atau berbeda.
Sedang tashnif diambil dari kata shinfu (macam, golongan, sifat) dan sesuatu yang lain tidaklah masuk dalam macam/golongan itu. sumber: https://www.facebook.com/notes/1203714169651389
Ta'lif lebih umum daripada tashnif ,hal itu karena sesungguhnya tashnif adalah menyusun golongan/pembagian menurut jenisnya dari ilmu.
Dan tidak dikatakan bagi kitab ketika memuat kebalikan sesuatu dari perkataan disebut mushonnaf. karena kitab mengumpulkan sesuatu dan lawannya, serta qoul dan kebalikannya.
Dan ta'lif itu mengumpulkan kesemuanya itu hal itu karena penyusunan kitab mengumpulkan lafadh kepada lafadh yang lain dan makna kepada makna yang lain dalam kitab sehingga seperti jumlah yang mencukupi dalam hal yang dibutuhkan baik sesuai atau berbeda.
Sedang tashnif diambil dari kata shinfu (macam, golongan, sifat) dan sesuatu yang lain tidaklah masuk dalam macam/golongan itu. sumber: https://www.facebook.com/notes/1203714169651389
semoga bermanfaat
WONG IKU AKHIRE TRUS PISAH, PISAH, PISAH.... (Ceramah KH. Agus Imam Saerozi)
senengono sopo wahe sak karepmu, tapi awakmu siap-siap bakal pisah karo seng mbok senengi. Seneng anak yo bakal pisah, seneng wong tuwo yo bakal pisah, seneng bojo nggeh bakal pisah, wong iku akhire trus pisah, pisah, pisah.....
silahkan lihat video lengkapnya berikut..
silahkan lihat video lengkapnya berikut..
DOWNLOAD KITAB KUNING (MAKNA JAWA GANDUL) PETHUK
Siapa yang tidak tahu Kitab Kuning? kalau ndak tahu berarti belum pernah mondok, heheh.
Kitab kuning pada dasarnya adalah seperti kitab-kitab pada umumnya, hanya saja bahasanya Arab dan warna kertasnya Kuning, kitab ini adalah menu wajib bagi santri pondok pesantren salaf, (kalau pondok modern entah ada atau tidak, penulis kurang tahu).
Sedangkan Kitab Kuning Pethuk adalah kitab kuning yang telah disahi (dimaknai) oleh seorang santri hasil dari ngaji kepada kiyainya atau ustadnya. Dimaknai maksudnya adalah kitab tersebut telah diberi terjemahan perkata atau tiap lafadnya dengan tejemah jawa menggunakan tulisan jawa pegon (tahu kan tulisan jawa pego?.
Langsung saja berikut kami bagikan koleksi kitab kuning pethuk digital yang kami dapatkan dari pelbagai situs, semoga bermanfaat....
untuk download silahkan klik nama kitabnya
untuk download silahkan klik nama kitabnya
- download kitab Fathul Qorib makna jawa
- download kitab Lujainud Dani makna jawa
- download kitab Fathul Izar makna jawa
- download kitab Mawaid Usfuriyah makna jawa
- download kitab Qotrul Ghoits makna jawa
- download kitab Risalatul muawanah makna jawa
- download kitab Ta'limul Muta'allim makna jawa
- download kitab Tafsir Yasin makna jawa
- download kitab Bidayatul Hidayah makna jawa
- download kitab Sulamut Taufiq makna jawa
- download kitab Arbain Nawawi makna jawa
- download kitab Bahjatul Wasail makna jawa
- download kitab Fathul Mu'in makna jawa
- download kitab Syarah Hikam 1 makna jawa
- download kitab Syarah Hikam 2 makna jawa
- download kitab Idhohul Mubham makna jawa
- download kitab Jawahirul Adab fi Khuluqit Tullab makna jawa
- download kitab Minhajul Abidin makna jawa
- download kitab Karomatul Auliya makna jawa
- download Kitab Akidah Islamiyah Makna Jawa
- Download Kitab Haulai Masyayikhuna makna Jawa
- Download Kitab Ahkamus Sulthoniyah makna Jawa
- Tarikhul Auliya' makna Jawa
- Fawaidu Dzikri wa Sholati 'ala Nabi Makna Jawa
- Ayyuhal Walad Makna Jawa/Pesantren
- Download Kitab Maqosidus Shoum Makna Pesantren
- Kitab Tafsir Al Ibriz Bahasa Jawa
- Download Kitab Nurud Dholam Syarakh Akidatul Awam makna pesantren
- DOWNLOAD KITAB HIDAYATUL MUSTAFID MAKNA JAWA
- Iqdul Lul fi siroti Albatul makna petuk/ makna pesantren
KISAH LUCU PEBISNIS YANG INGIN SEDEKAH DIAM-DIAM (ceramah Habib Ali Al Jufri)
Sedekah secara diam-diam adalah amalan yang sangat mulia, dalam Hadist disebutkan orang yang yang sedekah secara diam-diam akan mendapatkan naungan Allah pada hari dimana tidak adan naungan وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ يَمِينُهُ مَا تُنْفِقُ شِمَالُهُ (Dan seorang yg bersedekah dgn diam-diam, sehingga tangan kanannya tak mengetahui apa yg disedekahkan oleh tangan kirinya).
Namun bersedekah tanpa ada seorang pun yang mengetahui akan sangat berat dilakukan, hal itu karena sifat dasat manusia yang suka untuk dipuji dan riaya' atau pamer.
mengenai hal tersebut Al Habib Ali Al Jufri bercerita:
Imam Abdul Wahhab Ash
Sya'roni adalah salah satu imam Al Azhar yang Masyhur, Suatu ketika datang
seorang pebisnis kepada beliau dan berkata: "Syeikh, aku telah mendengarmu
berceramah tentang bersedekah secara diam-diam dan pahalanya, aku memutuskan
akan melakukannya. Tunjukkanlah aku orang
miskin yang layak menerima sedekah, aku akan memberinya sedekah di malam
hari".
Imam Abdul Wahhab
|
:
|
"saudaraku, aku
tidak berfikir kamu siap untuk bersedekah tanpa seorang pun tahu".
|
Pebisnis
|
:
|
"tidak tidak,
cobalah aku!"
|
Imam Abdul Wahhab
|
:
|
"akankah kau
bersabar?"
|
Pebisnis
|
:
|
"ya, aku akan
sabar"
|
Imam Abdul Wahhab
|
:
|
"baiklah,
ada seorang fulan dan fulan, mereka adalah seorang keluarga yang baik dan
membutuhkan, tetapi mereka tidak memperlihatkan kesulitannya kepada orang
lain. orang lain berpikir mereka orang mampu karena mereka tidak
memperlihatkan kekurangannya"
|
Pebisnis
|
:
|
"baikah, semoga
Allah membalasmu"
|
Pada
malam harinya pebisnis tersebut menempatkan tas yang berisi emas di depan
rumah orang yang telah ditunjukkan oleh sang Imam. Dia mengetuk pintu dan
bergegas pergi sebelum keluarga tersebut mengetahuinya bersedekah secara
diam-diam.
Keesokan harinya
pebisnis tersebut menghadiri majelis sang Imam, dia duduk dan diam, berjuang untuk tidak mengatakan
sesuatu.
|
||
Pebisnis
|
:
|
“syeikh! aku memberimu kabar gembira!, dengan
rahmat Allah, saat ini banyak orang yang bersedekah secara diam-diam"
|
Imam Abdul wahhab haya
tersenyum namun tidak berkomentar.
beberapa saat kemudian
pebisnis tersebut berkata
|
||
|
:
|
"apakah kau tahu
syeikh?, tadi malam aku mendengar si fulan telah mendapatkan sedekah secara
diam-diam"
|
Imam Abdul Wahhab As
Sya'roni menatapnya dan tertawa. beberapa saat kemudian pebisnis itu berkata
|
||
|
:
|
"syeikh! ada
seorang pebisnis yang mengahadiri majlis ini,, hendaknya mereka sepertiku,
tadi malam aku bersedekah kepada orang-orang secara diam-diam".
|
Sang imam berkata
|
:
|
"aku berkata
kepadamu, kamu belum siap untuk bersedekah tanpa seorang pun tahu"
|
berikut video ceramahnya
credit for https://t.me/tareem_lovers, thanks for sharing.
DUNGANE WONG TUWO IKU LUWIH MANDI TINIMBANG DUNGANE NABI (Ceramah KH. Imam Saerozi Lamongan)
Do'a orang tua itu mandi (mujarab) seperti halnya do'a Nabi, antara Nasihat dan do'a orang tua itu lebih mujarab Do'a orang tua. cuman orang manusia itu suka memberi Nasihat dari pada mendoakan, padahal masih lebih mujarab do'a. Doa orang tua kepada anaknya itu seperti do'a Nabi tapi nasihat orang tua kepada anak tidak seperti Nasihat Nabi. kenapa bisa begitu?, Karena Nabi itu lebih baik (qudwah hasanah) daripada nasihatnya, sedangkan orag tua itu nasihatnya terlalu baik dari pada kelakuannya. makanya ada orang tua yang menasihati anaknya untuk sabar padahal dia sendiri suka mengamuk. Monggo nyimak video berikut untuk lebih lengkapnya..
GARA-GARA PUNYA ISTRI CEREWET, ORANG INI MAMPU MENAKHLUKKAN HARIMAU
Ada seorang yag shalih, ia mempunyai saudara
(sahabat) yang shalih pula. Setiap tahun ia berkunjung kepadanya. Suatu hari ia mengunjunginya
lagi, sampai ke rumah yang dituju pintunya
masih tertutup. Ia ketuk pintu rumah itu. Dari dalam terdengar suara wanita: “SIAPA ITU?” Orang yang salih menjawab: “AKU, SAUDARA SUAMIMU. AKU DATANG UNTUK MENGUNJUNGINYA, HANYA KARENA ALLAH SEMATA”
“DIA SEDANG KELUAR MENCARI KAYU BAKAR, BALAS ISTRI SAHABATNYA. MUDAH-MUDAHAN
IA TIDAK KEMBALI. Lanjutnya sambil terus bergumam memaki-maki suaminya.
Ketika mereka sedang terlibat
perbincangan, tiba-tiba saudara yang salih itu datang sambil menuntun seekor harimau yang sedang membawa seikat
kayu bakar. Begitu melihat saudaranya datang
mengunjunginya, ia menghambur kepadanya seraya
bersalam. Kayu bakar itu lalu diturunkan dari punggung
harimau tersebut. Katanya kemudian: “SEKARANG PERGILAH KAMU, MUDAH-MUDAHAN ALLAH
MEMBERKAHIMU. ”
Orang yang salih itu (tuan
rumah) lalu mempersilakan saudaranya masuk. Sementara istrinya masih bergunam memaki-maki
dirinya. Namun sebegitu jauh ia hanya berdiam, tanpa menunjukkan
reaksi kebencian. Setelah terlibat perbincangan beberapa saat lamanya, hidangan keluar disuguhkan. Dilanjutkan berbincang-bincang hingga beberapa saat.
Setelah itu saudaranya berpamitan dengan menyimpan
kekaguman yang sangat berkesan. Ia sangat kagum sebab saudaranya
sanggup menekan kesabarannya menghadap isteri yang begitu cerewet dan berlidah panjang.
Tahun berikutnya ia berkunjung lagi. Sampai di depan pintu ia mencoba mengetuknya.
Isterinya keluar dan menyapa: “TUAN SIAPA?”
“AKU ADALAH SAUDARA SUAMIMU, BALASNYA. KEDATANGANKU INI SEMATA UNTUK MENGUNJUNGINYA.
”
“OH, SELAMAT DATANG, TUAN, ” kata isteri saudaranya seraya mempersilahkan masuk penuh keramahan. Tidak begitu lama saudara
shalih yang ditunggunya tiba juga sambil memanggul seikat kayu
bakar. Mereka segera terlibat perbincangan sambil menikmati
hidangan yang disuguhkan.
Setelah semuanya dirasa cukup, dan ketika ia hendak kembali, ia sempatkan
bertanya tentang beberapa hal. Bagaimana dahulu
ia dapat menundukkan seekor harimau
dan
mau diperintah membawakan kayu bakar.
Sedang sekarang ini ia hanya datang
sendirian sambil memanggul
kayu bakar. “KENAPA BISA BEGITU?” tanya saudaranya.
Saudaranya menjawab:
”KETAHUILAH SAUDARAKU, ISTERIKU YANG DAHULU
BERLIDAH PANJANG ITU SUDAH MENINGGAL. SEDAPAT MUNGKIN AKU BERUSAHA BERSABAR ATAS PERANGAI BURUKNYA. SEHINGGA
ALLAH MEMBERI KEMUDAHAN DIRIKU UNTUK
MENUNDUKKAN SEEKOR HARIMAU, SEBAGAIMANA PERNAH ENGKAU LIHAT SENDIRI
SAMBIL MEMBAWA KAYU BAKAR ITU. SEMUANYA TERJADI LANTARAN KESABARANKU PADANYA. LALU AKU MENIKAH LAGI DENGAN
PEREMPUAN YANG SHALIHAH INI. AKU SANGAT GEMBIRA MENDAPATKANNYA. MAKA HARIMAU
ITUPUN DIJADIKAN JAUH DARIKU, KARENA ITU AKU MEMANGGUL SENDIRI KAYU
BAKAR ITU, LANTARAN KEGEMBIRAANKU TERHADAP ISTERIKU YANG SHALIHAH
INI. (diambil dari kitab uqudu lujain fi bayani huuquzzaujain)
DESAIN ID CARD PANITIA ACARA
Bagi teman-teman yang lagi kebingungan untuk membuat desain ID card panitia sebuah acara, terutama acara hari besar Islam, kebetulan beberapa waktu lalu saya diminta tolong untuk membuat ID card panitia, silahkan di buat bahan referensi berikut contohnya, silahkan download juga master PSDnya.
DOWNLOAD PENGAJIAN KITAB MAQOSIDUS SHOUM & KIMIYATUS SA'ADAH KH. ABDULLAH FAQIH LANGITAN
Kali ini kami akan berbagi rekaman pengajian dua kitab yaitu Maqosidus Shoum dan Kimiya'us Sa'adah yang dibalagh oleh Hadrotus Syaikh KH. Abdullah Faqih Langitan.
Kitab Maqosidus Shoum adalah salah satu kitab tentang puasa karya Sulthonul Ulama Izzuddin Abdus Salam pada abad ke tujuh, kitab ini mengandung hal-hal yang berkaitan dengan puasa, mulai dari kewajiban, Fadhilah, adab-adab, dan kesunnahan, dan lain-lain yang berhubungan dengan puasa.
Kitab kedua yg di balagh beliau KH. Abdullah faqih adalah kitab kimiya'us sa'adah, yaitu sebuah risalah kecil yang menjelaskan tentang perbedaan antara kebahagiaan dalam arti dhohir dan kebahagiaan dalam arti spiritual, sebagaimana visi sang pengarang yaitu Hujjatul Islam Imam Ghazali. Imam Ghazali dalam kitab ini mencurahkan banyak ide dan pemahaman spiritual atau rohaniah tentang kebahagiaan. beliau menamakan "Kimia Kebahagiaan" untuk mensucikan diri dari ahlak yang tercela menuju jalan yang bersih.
Disamping download pengajianya, kami juga sediakan kitabnya dalam versi pdf. sehingga teman-teman bisa balagh lagi ngalap ilmu dan barokahnya KH. Abdullah Faqih Langitan. semoga bermanfaat "berbagi itu indah"
DOWNLOAD
KITAB
PENGAJIAN
orang yang ingin mencintai Allah berarti tidak punya tatakrama ! (video ceramah KH. Imam Saerozi)
Kita sering mendengar dan sering mengucapkan Innalillahi wa Inna Ilahi Rojiun "kita adalah milik Allah dan akan kembali ke Allah". Kalau masalah kembali kepada Allah, semua orang pasti akan kembali kepada Allah, cuma masalahnya ketika kita kembali apakah kita akan diterima oleh Allah?. soalnya banyak orang yang pulang dari bepergian tapi malah disuruh untuk minggat (diusir), ada juga yang malah diharap-harapkan untuk pulang "alhamdulillah sampeyan dah datang".
Ternyata tidak semua orang yang pulang kepada Allah SWT kemudian diterima-Nya, mari kita ingat sabda Nabi Muhammad SAW "kelak ketika hari kiamat, Allah berkata kepada Nabi Adam, "Adam, bangunlah! siapkan 999 dari anak cucumu dan masukkan kedalam neraka, dan satu orang masukkan ke dalam surga". Jadi dari seribu orang, hanya satu orang yang akan diterima oleh Allah SWT.
Allah menginginkan kita menjadi orang yang dicintai, bukan mencintai. perbedaan dari kedua sangat jelas, orang yang mencintai tidak mesti orang baik, sedangkan orang yang dicintai pastilah orang yang baik. Orang yang ingin mencintai Allah adalah orang yang tidak punya tatakrama. karena orang yang ingin mencintai Allah berarti aslinya masih belum mencintai Allah.
Contoh sederhananya: jika suami anda bilang "dek, aku ingin menjadi orang yang mencintai kamu". Mendengar perkataan begitu apakah anda akan suka? berarti selama ini suami anda tidak mencintai anda?
silahkan tonton ceramah lucu KH. Imam Saerozi lengkapnya sebagaimana berikut:TIDAK MAU JAWAB ADZAN, BEGINI NASIBNYA KELAK
Mengumandangkan adzan adalah salah satu kesunnahan yang dianjurkan sebelum
melaksanakan sholat, adzan sendiri merupakan seruan tertentu yang dimaksudkan
untuk memberi tahu masuknya waktu shalat fardlu. Adzan adalah salah satu sunnah
yang mulia, diriwayatkan bahwa “barang siapa yang mengumadangkan adzan untuk
sholat selama tujuh tahun dengan mengharap keridloan Allah, maka Allah SWT akan
mencatat orang tersebut terbebas dari neraka”, diriwayatkan lagi bahwa
“terdapat tiga golongan yang akan dijaga oleh Allah SWT dari sisksa kubur,
yaitu: orang yang Syahid, orang yang meninggal pada Hari jum’at atau malam
jum’at, dan orang yang adzan”.
Dan bagi orang yang mendengar seruan adzan disunnahkan untuk menjawab
seperti apa yang diucapkan oleh muadzin, misal seorang muadzin mengucapkan “Allahu
Akbar”, maka orang yang mendengar disunnahkan juga untuk mengucapkan “Allahu
Akbar”. Kecuali saat adzan subuh, maka ketika muadzin mengucapkan “assholatu
khoirun minannaum” maka orang yang yang mendengar mengucapkan “shodaqta
wabarorta wa ana ‘ala dzalika minasy syahidin” . diriwyatkan dalam
Hadist Nabi bahwa “barang siapa yang ketika adzan dikumandangkan tidak
menjawab sebagaimana yang diucapkan muadzin, maka kelak dia akan tertahan untuk
sujud pada saat semua muadzin bersujud”. Na’udzubillahi min syarri
dzalik.
Lubabul Hadist
Langganan:
Postingan (Atom)